ANALISIS PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAULID AD- DIBA'I DAN MAULID SIMTUDDUROR SERTA RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

SAIBANI, Samino (2023) ANALISIS PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAULID AD- DIBA'I DAN MAULID SIMTUDDUROR SERTA RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS SAIBANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan akhlak menempati posisi yang sangat penting dalam Islam, karena kesempurnaan tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Maulid ad-Diba’i dan Maulid Simtudurror serta relevansinya tentang tujuan Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun langkah dalam penelitian ini adalah mencari dan menemukan data dengan membaca, mengkaji, mempelajari literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan di bahas, kemudian data dikumpulkan, dan di analisa dengan baik sesuai dengan aturan yang ditentukan. Teknik yang digunakan adalah record (dokumentasi) yaitu dengan menghimpun data�data yang menjadi kebutuhan penelitian dari berbagai dokumen yang ada baik berupa buku, artikel, jurnal dan lainnya sebagai data penelitian dan dianalisis menggunakan content analisis. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Maulid ad-Dibai yang berhubungan antara makhluq dengan khaliq yaitu akhlak mengenai manusia dengan Allah. Adapun diantaranya, adalah: taubat, syukur, dan dzikirullah. Sedangkan yang berhubungan antara makhluq dengan makhluq adalah hubungan manusiadengan manusia, yang meliputi: berbudi pekerti luhur, sabar, tawadhu’ (rendah hati),as-shidqu (benar). Dari kitab yang diteliti yaitu kitab maulid Simtud Durar yang dikarang oleh Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi nilai-nilai akhlak dibagi menjadi dua kelompok yaitu Akhlak terhadap Allah dan Akhlak terhadap Mahkluk. Nilai akhlak terhadap Allah dalam Kitab Maulid Simtud Durar yang yaitu meliputi: Memuji dan Bersyukur terhadap Allah, Husnudzon terhadap Allah, Taubat, Mengharap ridho, sedangkan yang nilai akhlak kepada Mahkluk yaitu meliputi: Akhlak terhadap Rasulullah, Akhlak terhadap diri sendiri, dan Akhlak Bermasyarakat. nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Maulid ad-Diba’i dan maulid Simtud Durar mempunyai korelasi dengan tujuan pendidikan Islam. Karena nilai-nilai akhlak dalam kitab tersebut merupakan akhlak kenabian yang akan di jadikan contoh untuk menjadi seseorang yang iii selalu dalam kebaikan dengan membiasakan diri berperilaku baik yang berpedoman pada Al-Qur’an sehingga mencapai kedewasaan, yang akan menimbulkan kepribadian yang utama dan dapat meraih tujuan tertinggi agama Islam yakni kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Sebagaimana yang menjadi tujuan dalam pendidikan Islam. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Maulid ad-Diba’i. Maulid Simtud Durar iv ABSTRACT Moral education occupies a very important position in Islam, because perfection depends on the goodness and nobility of morals. The purpose of this study is to describe the values of moral education contained in the books of Maulid ad-Diba'i and Maulid Simtudurror and their relevance to the goals of Islamic Education in Indonesia. This research is a type of library research and the approach used is a qualitative approach. The steps in this research are searching for and finding data by reading, studying, studying the literature that is related to the problem to be discussed, then the data is collected, and properly analyzed according to the rules specified. The technique used is record (documentation), namely by collecting data which is the need for research from various existing documents in the form of books, articles, journals and others as research data and analyzed using content analysis. The values of moral education in the book of Maulid ad-Dibai which relate to creatures and khaliq, namely morals regarding humans and God. As for them, are: repentance, gratitude, and dhikrullah. Meanwhile, what is related between creatures and creatures is the relationship between humans and humans, which includes: virtuous character, patience, tawadhu' (humble), as-shidqu (righteous). From the book studied, namely the book of Maulid Simtud Durar, which was written by Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi, moral values were divided into two groups, namely Morals towards Allah and Morals towards Creatures. Moral values towards Allah in the Book of Mawlid Simtud Durar which include: Praising and being grateful to Allah, Husnudzon towards Allah, Repentance, Hoping to be pleased, while the moral values for Creatures include: Morals towards Rasulullah, Morals towards oneself, and Morals in society. the values of moral education contained in the book of Mawlid ad-Diba'i and Mawlid Simtud Durar have a correlation with the goals of Islamic education. Because the moral values in the book are prophetic morals that will be used as an example to become someone who is always in goodness by getting used to good behavior guided by the Qur'an so that they reach maturity, which will give rise to the main personality and can achieve goals The highest religion of Islam is happiness in this world and happiness in the hereafter. As the goal in Islamic education. Keywords: Moral Education, Mawlid ad-Diba'i. Mawlid Simtud Durar v خالصة حتتل الًتبية األخالقية مكانة بالغة األمهية يف اإلسالم ، ألن الكمال يعتمد على حسن األخالق ونبلها. الغرض من ىذه الدراسة ىو وصف قيم الًتبية األخالقية الواردة يف كتايب مولد الديباعي مولد مسط الدرار وصلتها بأىداف الًتبية اإلسالمية يف إندونيسيا. ىذا البحث ىو نوع من البحث يف ادلكتبات والنهج ادلستخدم ىو هنج نوعي. تتمثل خطوات ىذا البحث يف البحث عن البيانات وإجيادىا من خالل القراءة والدراسة ودراسة األدبيات ادلتعلقة بادلشكلة اليت سيتم مناقشتها ، مث يتم مجع البيانات وحتليلها ا للقواعد احملددة. التقن ً بشكل صحيح وفق ية ادلستخدمة ىي التسجيل )التوثيق( ، أي عن طريق مجع البيانات وىي احلاجة إىل البحث من خمتلف الوثائق ادلوجودة يف شكل كتب ومقاالت وجمالت وغريىا كبيانات حبثية وحتليلها باستخدام حتليل احملتوى. قيم الًتبية األخالقية يف كتاب مولد الديبائي اليت تتعلق باخلالئق واألخالق ، وىي األخالق يف اإلنسان واهلل. وأماىا فهي: التوبة والشكر وذكر اهلل. ويف الوقت نفسو ، فإن ما يرتبط بني ادلخلوقات وادلخلوقات ىو العالقة بني اإلنسان والبشر ، واليت تشمل: األخالق الفاضلة ، والصرب ، والتواضع ، والشدق. من الكتاب ادلدروس ، وىو كتاب مولد مسعت درر الذي ألفو حبيب علي بن حممد بن حسني احلبسي ، قسمت القيم األخالقية إىل جمموعتني ، مها: األخالق جتاه اهلل ، واألخالق جتاه ادلخلوقات. القيم األخالقية جتاه اهلل يف كتاب مولد مسط الدرار ومنها: احلمد واالمتنان هلل ، واحلنودون إىل اهلل ، والتوبة ، ورجاء الرضا ، بينما تشمل القيم األخالقية للخالئق: األخالق على رسول اهلل ، واألخالق حنو اهلل. النفس واألخالق يف اجملتمع. ترتبط قيم الًتبية األخالقية الواردة يف كتاب ادلولد الضبعي ومولد الصمت درار بأىداف الًتبية اإلسالمية. ألن القيم األخالقية يف الكتاب ىي من األخالق الن ا ً ا دائم ً بوية اليت ستستخدم كمثال لتصبح إنسان يف اخلري من خالل التعود على السلوك احلسن الذي يسًتشد بو القرآن حىت يصل إىل vi مرحلة النضج ، دما يؤدي إىل الشخصية الرئيسية وميكن أن حتقق األىداف أمسى دين لإلسالم ىو السعادة يف الدنيا والسعادة يف اآلخرة. كهدف يف الًت بية اإلسالمية. كلمات مفتاحية: الًتبية األخالقية ، ادلولد الضبعي مولد مسط الدرار

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:12
Last Modified: 21 Sep 2023 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30323

Actions (login required)

View Item View Item