PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

YUDA, RAMADANI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI YUDA (Abstrak-Daftar Isi, BAB 1, BAB 2, Dapus, & Lampiran.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUDA Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Oleh Yuda Ramadani Disekolah pendidik belum pernah membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS, dalam proses pembelajaran pendidik hanya menngunakan sumber belajar yang tersedia saja disekolah seperti buku cetak dan gambar – gambar seadanya yang tersedia disekolah. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) guna mengetahui tingkat kemenarikan dan kelayakan penggunaan, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS pada pembelajaran tematik. Metode penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi model pengembangan yang dikembangkan oleh ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: angket ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, serta angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SDN 1 Sumbermulyo dan SDN 2 Sumbermulyo. Berdasarkan dari penelitian yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Hasil penelitian dari ahli media memperoleh persentase 80,1%, ahli materi memperoleh persentase 81,2%, ahli bahasa memperoleh persentase 82% dan praktisi pendidikan memperoleh persentase 86%, kemudian hasil dari respon peserta didik skala kecil memperoleh persentase 93% dan skala besar memperoleh persentase 83% . berdasarkan hasil dari uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: LKPD, HOTS, Pembelajaran Tematik ii ABSTRACT DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEETS (LKPD) BASED ON HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) IN THEMATIC LEARNING By Yuda Ramadani Educator schools have never created HOTS-based Student Worksheets (LKPD), in the learning process educators only use learning resources that are available at school such as printed books and pictures that are available at school. The researcher aims to develop a High Order Thinking Skill (HOTS)-based Student Worksheet (LKPD) in order to determine the level of attractiveness and feasibility of use, as well as determine student responses after using the HOTS-based Student Worksheet (LKPD) in thematic learning. This research method uses the Research and Development (R&D) research methodology adapting the development model developed by ADDIE, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The data collection tools used are: questionnaires from media experts, material experts, language experts and educator response questionnaires to determine the suitability of the product, as well as student response questionnaires used to determine the attractiveness of the product. The targets of this research were grade 5 students at SDN 1 Sumbermulyo and SDN 2 Sumbermulyo. Based on research developed in the form of Student Worksheets (LKPD), research results from media experts obtained a percentage of 80.1%, material experts obtained a percentage of 81.2%, language experts obtained a percentage of 82% and educational practitioners obtained a percentage of 86%, then The results of small scale student responses obtained a percentage of 93% and large scale obtained a percentage of 83%. Based on the results of the description above, the product developed by the researcher is suitable for use as a learning medium. Keywords: LKPD, HOTS, Thematic Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:46
Last Modified: 21 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item