DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA LULUSAN IPA, IPS, DAN SMK DITINJAU DARI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Yasin, Muhammad (2018) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA LULUSAN IPA, IPS, DAN SMK DITINJAU DARI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data awal semester ganjil pendidikan matematika terlihat bahwa masih banyak terdapat kegagalan dalam pencapaian hasil belajar. Dengan demikian peneliti bermaksud akan melakukan diagnosis kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika lulusan IPA, IPS dan SMK ditinjau dari pembelajaran matematika sehingga dapat diketahui jenis-jenis kesulitan belajar mahasiswa tersebut serta diketahui Usaha yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif kualitatif. Peneliti mengobservasi dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika lulusan IPA, IPS dan SMK dengan menggunakan instrumen bantu berupa hasil wawancara, hasil observasi pembelajar mahasiswa matematika dan didukung hasil angket minat belajar mahasiswa pendidikan matematika dengan menggunakan alat ukur skala Likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, ataupun persepsi seseorang tentang fenomena sosial. Hasil penelitian ini dapat diperoleh antara lain: (1) Jenis kesulitan belajar mahasiswa dengan lulusan IPA termasuk kesulitan belajar akademik (academic learning disabilities). Kesulitan belajar akademik merupakan kesulitan belajar yang menunjukan adanya kegagalan-kegagalan pencapaian prestasi akademik yang sesuai dengan kapasitas yangdiharapkan. (2) Jenis kesulitan belajar mahasiswa dengan latar belakang IPS dan SMK memiliki jenis kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan (developmental learning disabilities) yang mencakup persepsi, kesulitan belajar bahasa dan komunikasi,kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku sosial sehingga mengakibatkan penggunaan strategi perhitungan matematika yang lebih lama, keterlambatan dalam belajar prosedur matematika, kesulitan mengambil fakta-fakta dasar. (3) upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menumbuhkan minat belajar yang tinggi karena pada minat belajar mahasiswa terdapat perbedaan hasil belajar antara minat belajar tinggi, sedang dan rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jan 2018 06:58
Last Modified: 17 Jan 2018 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item