PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK HARNIATUN ARRAZZAQ KEDAMAIAN

Fitri, Damayanti (2023) PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK HARNIATUN ARRAZZAQ KEDAMAIAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL    FITRI DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa anak di TK Harniatun Arrazzaaq masih memiliki motivasi belajar yang masih rendah, motivasi belajar yang rendah ini dilihat dari segi sikap anak dalam menyelesaikan tugas yang tidak sampai selesai, lalu ketika anak diminta untuk mengenal huruf anak-anak masih ada yang tidak perduli malah lebih mengutamakan untuk bermain. Motivasi belajar merupakan dorongan suatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Sedangkan percaya diri pada anak yaitu siap menerima tantangan dalam arti mau mencoba sesuatu yang baru walaupun ia sadar kemungkinan salah pasti ada dan tidak takut menyatakan pendapatnya di depan orang banyak. Rasa percaya diri adalah ukuran evaluasi yang menyeluruh dari diri, rasa percaya diri juga disebut sebagai harga diri/gambaran diri, konsep diri merupakan evaluasi terhadap lingungan diri dengan dirinya sendiri. Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting dalam kehidupan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh percaya diri terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Harniatun Arrazzaaq Kedamaian? tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh percaya diri terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Harniatun Arrazzaaq. Penelitian ini di lakukan di TK Harniatun Arrazzaaq Kedamaian, metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari: angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang tua anak di TK Harniatun Arrazzaaq Kedamaian yang berjumlah 30 dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan selama proses penelitian berlangsung dengan memberikan angket percaya diri dan motivasi belajar anak diperoleh nilai ( ) ( ). Sehingga menyebabkan di tolak sehingga dapat disimpulkan jika terdapat pengaruh percaya diri terhadap motivasi belajar di TK Harniatun Arrazzaaq Kedamaian. Kata Kunci: Percaya Diri, Motivasi Belajar, TK Harniatun Arrazzaaq Kedamaian . iv ABSTRACT Some children in Harniatun Arrazzaaq Kindergarten still have low learning motivation, this low learning motivation is seen in terms of the child's attitude in completing tasks that are not completed, then when children are asked to recognize letters there are still children who don't care who prioritize to play. Motivation to learn is the encouragement of a condition that is found in an individual where there is an urge to do something in order to achieve a goal. Meanwhile, self-confidence in children is ready to accept challenges in the sense that they want to try something new, even though they are aware that the possibility of being wrong must exist and is not afraid to express their opinion in front of many people. Confidence in children, namely being ready to accept challenges in the sense of wanting to try something new, even though they are aware that the possibility of wrong must exist and is not afraid to express their opinion in front of many people. Confidence is a measure of overall evaluation of oneself, self-confidence is also referred to as self-esteem/self-image, self-concept is an evaluation of one's environment with oneself. Confidence is one of the most important aspects of personality in life. The formulation of the problem in this study is: Is there an effect of self-confidence on early childhood learning motivation at Harniatun Arrazzaaq Peace Kindergarten? the purpose of this study was to see the effect of self�confidence on learning motivation of early childhood at Kindergarten Harniatun Arrazzaaq. This research was conducted at Harniatun Arrazzaaq Kedamaian Kindergarten, the method in this study was quantitative with the type of linear regression analysis research. Data collection techniques in this study consisted of: questionnaires, interviews and documentation. The sample used in this study were parents of children in Harniatun Arrazzaaq Kedamaian Kindergarten, a total of 30 with a significance level of 0.05. Based on the results of research and findings during the research process by giving a price of self-confidence and motivation to learn, children get a p value ( ) ( ). So that causes to be rejected so that it can be interpreted if there is an influence of self-confidence on learning motivation in Kindergarten Harniatun Arrazzaaq Kedamaian. Keywords: Confidence, Learning Motivation, Peaceful Harniatun Arrazzaaq Kindergarten

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:05
Last Modified: 21 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30317

Actions (login required)

View Item View Item