ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERANAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi di Lembaga Bantuan Hukum Bandar Lampung Tahun 2022)

M., MAHRUS SHOLEH (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PERANAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM TERHADAP KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi di Lembaga Bantuan Hukum Bandar Lampung Tahun 2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MAHRUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berbagai bentuk kekerasan termasuk ke dalam melanggar hak asasi manusia, kejahatan martabat kemanusiaan, dan salah satu bentuk diskriminasi yang wajib dihilangkan. Pada kasus kekerasan seksual tidak hanya menyerang pada kekerasan fisik, tetapi secara tidak langsung juga menyerang mental korban. Berbagai bentuk kekerasan termasuk ke dalam melanggar hak asasi manusia, kejahatan martabat kemanusiaan, dan salah satu bentuk diskriminasi yang wajib dihilangkan. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran lembaga bantuan hukum (LBH) Bandar lampung dalam memeberikan bantuan hukum terhadap korban kekerasan seksual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana peran Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar lampung dalam menangani korban kekerasan seksual? (2) Bagaimana Analisis Fiqh Syiyasah Terhadap Peranan Lembaga Bantuan Hukum Dalam Memberikan Bantuan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Seksual. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung dalam memberikan Bantuan hukum terhadap korban kekerasan seksual di wilayah Bandar Lampung, Untuk mengetahui Analisis Fiqh Syiyasah Terhadap Peranan Lembaga Bantuan Hukum Dalam Memberikan Bantuan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Seksual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara Editing, Klasifikasi, Interpretasi, dan Sistemasi. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan menggunakan proses berfikir induktif, sehingga mempermudah dalam membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya. Pertama, Peran Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung dalam memberikan bantuan hukum terhadap korban kekerasan seksual adalah dengan pendekatan Bantuan Hukum Struktural. Namun keterbatasan sumber daya manusia dan banyak kasus atau korban kekerasan seksual cenderung lebih menutupi peristiwa kekerasan seksual dikaerenakan system budaya priarki dan stigma dari masyarakat. Kedua, Menurut Fiqh Siyasah, prinsip-prinsip yang berkaitan dengan konsep Bantuan Hukum adalah asas persamaan dan keadilan. Asas Persamaan (Mabda Al-Musawah) memiliki arti bahwa setiap individu memiliki derajat yang sama sebagai warga negara tanpa mempertimbangkan asal-usul, ras, agama, bahasa, dan status sosial, termasuk juga gender. HaL tersebut sesuai dengan pendekatan bantuan hukum structural yang di lakukan Lembaga Bantuan Hukum Bandar Lampung Kata kunci: Bantuan Hukum, kekerasan Seksual, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:56
Last Modified: 21 Sep 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item