TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NO. 10 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT (Studi di Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Ivana, Talitha Liyantri (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT NO. 10 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT (Studi di Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2-5 Repository.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full ivana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar salah satu sarana ekonomi yang menjadi tolak ukur dalam peningkatan pendapatan ekonomi di daerah, dan apabila dikhususkan ke daerah Kecamatan, pasar satu-satunya tempat di mana transaksi ekonomi berlangsung. Peran pemerintah daerah merupakan hal mutlak yang menjadi tolak ukur berlangsungnya pembangunan pasar tradisional, karena dalam paradigma good governance pemerintah daerah punya peran penting dalam membangun daerahnya. seperti Perda Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 10 Tahun 2018 mengenai pengelolaan pasar rakyat di mana dalam pasal 31 yang berisi tentang hak dan kewajiban pasar Rakyat, yang di mana aturan tersebut harus terlaksana dengan baik. Adapun rumusan masalah sebagai berikut; Bagaimana Implementasi Perda Kabupaten Tulang Bawang Barat No. 10 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat di Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang?, dan Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Perda Kabupaten Tulang Bawang Barat No. 10 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat di Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang?. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Sifat penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, Populasi dalam penelitian ini adalah populasi dari penelitian ini yaitu pegawai di Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan pasar rakyat. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampeling. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas Koperindag selaku dinas yang menangani pengelolan pasar, Kabid. Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, 1 staf Dinas Koperindag dan 3 pedagang serta 2 masyarakat sebagai konsumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dalam penulisan skripsi yaitu, Peraturan Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat No. 10 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat Bab XIII Hak, Kewajiban Dan Larangan Pedagang Pasar Rakyat Bagian Kesatu Hak Pasal 31 sudah terlaksana dengan baik pada bagian sewa menyewa akan tetapi fasilitas, kebersihan yang kurang, keamanan yang belum memadai serta kontrak antara pedagang dengan pihak Pemerintah masih belum terlaksana dengan baik dimana hal tersebut belum sejalan dengan prinsip siyasah tanfidziyyah. Dinas Koperindag Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang di mana mereka diberikan amanah oleh pihak Pemerintah Daerah belum menjalankan dan melaksanakan dengan baik Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat berdasarkan tinjauan fiqh siyasah sesuai dengan siyasah tanfidziyyah. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Peraturan Daerah, Pasar, siyasah tanfidziyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:52
Last Modified: 21 Sep 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30314

Actions (login required)

View Item View Item