PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN DANA DESA (Studi Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

EBY, APRIANDA (2023) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN DANA DESA (Studi Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi EBY APRIANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Desa merupakan wilayah administratif pada beberapa Kabupaten di Provinsi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki hak asal-usul dan hak tradisional yang dapat mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan UUD 1945. Dalam penerapan penggunaan Dana Desa banyak yang tidak tepat sasaran seperti di Desa Padang Cermin Kabupaten Pesawaran telah terjadi penyalahgunaan Dana Desa yang mengakibatkan pembangunan desa tidak terselesaikan dan pelaksanaan Dana Desa tidak berjalan sesuai dengan peraturan Undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang desa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa di desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran? Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa di desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran?. Jenis penelitian field research artinya suatu penelitian yang di lakukan secara sistematis, teratur dan mendalam dengan mengangkat data atau fakta-fakta yang ada di lapangan, khususnya di desa padang cermin kecamatan padang cermin kabupaten pesawaran dalam penelitian ini tentang perspektif hukum islam terhadap pencegahan penyalahgunaan dana desa. Tahap selanjutnya apabila semua data telah terkumpul, yaitu mengelolah data dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :Pemeriksaan data (editing) kegiatan ini dilakukan untuk mengoreksi apakah data yang terkumpulkan sudah cukup lengkap, Sistematika data (sistemating) Bertujuan menepatkan data menurut kerangka sistematika bahasan berdasarkan urutan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa di Desa Padang Cermin sudah berjalan dengan lancar, hal ini ditandai dengan adanya rekapan setiap awal dan akhir tahun tentunya sudah disediakan papan transparansi dana desa sehingga masyarakat dapat mengakses dan melihat melalui papan tersebut akan tetapi perangkat desa di desa Padang Cermin kurang memperhatikan masalah pembangunan yang ada di desa sehingga banyaknya akses jalan yang di lewati warga masyarakat banyak yang rusak, dan belum sempat diperbaiki. Dan sudah sesuai dengan hukum Islam bahwasanya didalam Alqur‘an menjelaskan bagaimana pemerintah seharusnya dijalankan untuk menciptakan good governance yaitu konsep-konsep didalam pemerintahan yang baik terdapat beberapa prinsip yaitu akuntabilitas dan transparansi. Bentuk dari sikap transparansi adalah sudah disediakan papan transparansi dana desa sehingga masyarakat dapat mengakses dan melihat melalui papan tersebut. Bentuk dari sikap akuntabilitas adalah laporan keuangan dengan cara membuat SPJ yang kemudian setiap bulan sekali mengadakan pertemuan dengan kepala RT dan kepala desa padang cermin. Kata Kunci : Perspektif Hukum Islam, Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:28
Last Modified: 20 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30308

Actions (login required)

View Item View Item