PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMKS MUHAMMADIYAH SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

Novita, Sari (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMKS MUHAMMADIYAH SE-KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru yang baik dapat dipengaruh oleh beberapa faktor di antaranya melalui motivasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Dalam hal ini motivasi dan gaya kepemimpinan akan berpengaruh terhadap kinerja guru karena guru merupakan tolak ukur keberhasil lembaga pendidikan dalam membimbing peserta didik dapat lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SMKS Muhammadiyah Se-Kota Bandar Lampung, untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMKS Muhammadiyah Se�Kota Bandar Lampung, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMKS Muhammadiyah Se-Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 61 responden di SMKS Muhammadiyah Se-Kota Bandar Lampung. Dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling nonprobability sampling dengan pendekatan Sampling Sistematis dengan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket tertutup, jenis angket yaitu angket tidak langsung dengan pendekatan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas berganda, uji homogenitas berganda dan uji linieritas berganda. Sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Pengaruh motivasi ( ) terhadap kinerja guru (Y) yaitu nilai signifikansi 0,061 > 0,05 dan nilai Thitung 3,752 > Ttabel 2,048, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh yang positif antara motivasi terhadap kinerja guru. Pengaruh gaya kepemimpinan ( ) terhadap kinerja guru (Y) yaitu 0,428 > 0,05 dan nilai Thitung 3,514 > Ttabel 2,048, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. Pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan secara bersama�sama terhadap kinerja guru yaitu nilai signifikansi 0,022 > 0,05 dan Fhitung 7,798 > Ftabel 3,328, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh yang positif antara motivasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Selain itu Rsquare sebesar 0,612 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti konstribusi variabel motivasi (X1) dan gaya kepemimpinan (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y) yaitu Kinerja iii Guru sebesar 61,2% dan sisanya sebesar 38,8% disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Maka rekomendasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagi Kepala Sekolah, kepada kepala sekolah sebaiknya lebih ditingkatkan kembali gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mana dengan gaya kepemimpinan ini akan mendorong atau memotivasi terhadap kinerja guru yang baik.Bagi Guru, kepada para guru diharapkan agar selalu lebih ditingkatkan kembali kinerjanya karena apabila kinerja guru meningkat dengan baik maka tujuan pendidikan pun akan tercapai. Bagi Peneliti, kepada peneliti selanjutnya untuk dapat melakukan penelitian kembali dengan variabel yang berbeda terhadap pengaruh kinerja guru dan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan. Kata kunci : Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru iv ABSTRACT Good teacher performance can be influenced by several factors, including through the motivation and leadership style of the school principal. In this case motivation and leadership style will affect teacher performance because teachers are a measure of the success of educational institutions in guiding students to be better. The purpose of this study was to determine the effect of motivation on teacher performance at Muhammadiyah Vocational Schools throughout Bandar Lampung City, to determine the effect of leadership style on teacher performance at Muhammadiyah Vocational Schools throughout Bandar Lampung City, and to determine the influence of motivation and leadership style together the same on teacher performance at Muhammadiyah Vocational Schools throughout Bandar Lampung City. The method used in this research is quantitative method. While the population in this study amounted to 61 respondents at Muhammadiyah Vocational Schools in Bandar Lampung City. And the sample used in this research is non-probability sampling technique with a systematic sampling approach with a total sample of 31 respondents. The data collection technique uses a closed questionnaire method, the type of questionnaire is an indirect questionnaire with a Likert scale approach. Data analysis techniques using multiple normality tests, multiple homogeneity tests and multiple linearity tests. While testing the hypothesis using multiple linear regression techniques and the coefficient of determination. The effect of motivation (X1) on teacher performance (Y), namely a significance value of 0.061 > 0.05 and a Tcount value of 3.752 > Ttable 2.048, it can be concluded that in this study there is a positive influence between motivation on teacher performance. The effect of leadership style (X2) on teacher performance (Y), namely 0.428 > 0.05 and Tcount 3,514 > Ttable 2.048, it can be concluded that in this study there was no positive influence between leadership style on teacher performance. The influence of motivation and leadership style together on teacher performance, namely a significance value of 0.022 > 0.05 and Fcount 7.798 > Ftable 3.328, it can be concluded that in this study there is a positive influence between motivation and leadership style together on teacher performance . In addition, Rsquare is 0.612 at a significance level of 5%. This means that the contribution of the motivation variable (X1) and leadership style (X2) to the teacher performance variable (Y), namely v teacher performance is 61.2% and the remaining 38.8% is caused by other factors which are not the focus of discussion in this study. Then the recommendations in this study are as follows:For school principals, it is better to improve the principal's leadership style, where this leadership style will encourage or motivate good teacher performance.For teachers, it is hoped that teachers will always improve their performance because if the teacher's performance increases well, the educational goals will be achieved. For researchers, for future researchers to be able to do research again with different variables about the influence of teacher performance and this research can be used as reference material. Keywords: Motivation, Leadership Style, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:01
Last Modified: 20 Sep 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30303

Actions (login required)

View Item View Item