UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIOR THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

DIAN, PRAYOGA (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIOR THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMAN 2 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN PRAYOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mendiskripsikan tentang konsep behavioral therapy dalam meningkatkan rasa percaya diri pada perserta didik terisolir. Teori behavioral berasumsi bahwa perilaku peserta didik adalah hasil kondisi gruru bk, oleh karena itu, guru bk dalam setiap menyelenggarakan konseling harus beranggapan bahwa setiap menyelenggarakan konseling harus beranggapan bahwa setiap reaksi perserta didik adalah akibat dari situasi yang diberikannya. Tujuan konseling behavioral dalam pengambilan keputusan adalah secara nyata membuat keputusan. Guru bk bersama perserta didik bersepakat menyusun urutan prosedur pengubahan perilaku yang akan diubah, dan selanjutnya gruru bk menstimulasi perilaku peserta didik. Guru bk memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perserta didik mengemukakan peran yang harus dilakukan guru bk, yaitu bersikap menerima, mencoba memahami konseli dan apa yang dikemukakan tanpa menilai atau mengkirtiknya. Adapun peningkatan signifikan pada prilaku perserta didik seperti gambaran cara berpakaian, dapat mengambil keputusan dan sopan santun terhadap teman maupun guru sehingga terlihat percaya diri. Efaluasi guru bk dalam menghadapi perserta didik dengan memberihkan layanan yang bisa peserta didik mampu merasakan adanya keberanian dalam diri melalui teknik dan layanan yang sesuai. Kata Kunci: behavioral therapy, percaya diri , siswa terisolir iii ABSTRACT This thesis describes the concept of behavioral therapy in increasing self-confidence in isolated students. Behavioral theory assumes that student behavior is the result of the teacher's condition, therefore, in every counseling teacher holding counseling, they must assume that every student's reaction must assume that every student's reaction is the result of the situation they are given. The goal of behavioral counseling in decision making is to actually make decisions. The bk teacher and the students agree to arrange a sequence of procedures for changing the behavior that will be changed, and then the bk teacher stimulates the students' behavior. The counseling teacher has a very important role in helping students express the role that the counseling teacher must play, namely being accepting, trying to understand the counselee and what is being said without judging or criticizing it. There is a significant improvement in student behavior such as how to dress, being able to make decisions and being polite towards friends and teachers so that they appear confident. Bk teacher's evaluation in dealing with students by providing services so that students can feel courage within themselves through appropriate techniques and services. Keywords: behavioral therapy, self-confidence, isolated students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:37
Last Modified: 20 Sep 2023 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item