IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

SITI, NILA SARI (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI NILA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK SMK Negeri 7 Bandar Lampung merupakan sekolah menengah kejuruan formal dengan ciri khas tersendiri, yaitu sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Hal tersebut merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung program Implementasi Kurikulum Merdeka yang diinstruksikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sebagai sekolah pusat keunggulan sudah seharusnya memiliki manajemen pembelajaran yang berjalan cukup efektif dan efisien, akan tetapi dalam hal ini manajemen pembelajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung masih belum efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari RPP yang belum terkumpul secara kolektif dan tertib, serta metode ceramah dalam pembelajaran PAI yang masih cenderung membuat peserta didik merasa bosan dalam pembelajaran PAI. Selain penggunaan metode tersebut, dalam proses pembelajaran guru mata pelajaran PAI mengkombinasikan metode ceramah dengan menerapkan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi agar dapat mengatasi rasa bosan peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Berdasarkan masalah tersebut, SMK Negeri 7 Bandar Lampung semestinya secara intensif memberikan resonasi dalam mewujudkan, menyatukan dan menjalankan secara sistematis dengan program yang tertuang dalam visi misi sekolah untuk menghasilkan output intelek profesional, religius dan berakhlak mulia sebagai lulusan SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Dalam hal ini pembelajaran PAI memiliki peranan penting dalam mewujudkan asa tersebut. Kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat digambarkan sebagai gambaran bagaimana baik buruknya hasil yang telah dicapai peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran PAI. Menurut teori Rusman ada tiga indikator dalam manajemen pembelajaran, meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Berkaitan dengan pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMK Negeri 7 Bandar Lampung diuraikan tiga yang dideskripsikan, yaitu: merencanakan pembelajaran PAI, melaksanakan pembelajaran PAI dan mengevaluasi pembelajaran PAI. iv Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif. Sumber informasi diperoleh penulis dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan inferensi. Dalam pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran PAI sudah berjalan efekktif dapat dilihat dari adanya Program Tahunan dan Program Semester Mata Pelajaran PAI, serta Rencana Perangkat Pembelajaran PAI. 2) pelaksanaan pembelajaran PAI mencangkup tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan pembelajaran yang dalam hal ini guru mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengecekan kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin. Dalam kegiatan inti pembelajaran PAI, guru mata pelajaran PAI menerapkan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Dalam melaksanakan kegiatan penutup pembelajaran, guru mata pelajaran PAI bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang telah dibahas pada pertemuan pembelajaran. Selain itu, guru juga menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 3) evaluasi pembelajaran PAI dilakukan dengan dalam bentuk; tes lisan, tes praktik ibadah dan tes tertulis/ulangan. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran PAI, Sekolah Menengah Kejuruan v ABSTRACT SMK Negeri 7 Bandar Lampung is a formal vocational high school with its own characteristics, namely as a Vocational High School Center of Excellence. This is a program implemented to support the Independent Curriculum Implementation program instructed by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology. As a center of excellence school, it should have learning management that runs quite effectively and efficiently, but in this case the management of PAI learning at SMK Negeri 7 Bandar Lampung is still not effective. This can be seen from the lesson plans that have not been collected collectively and in an orderly manner, as well as the lecture method in Islamic Religious Education learning which still tends to make students feel bored in Islamic Islamic learning. In addition to the use of these methods, in the learning process the PAI subject teacher combines the lecture method by applying a process of exploration, elaboration and confirmation in order to overcome students' boredom in learning PAI at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Based on these problems, SMK Negeri 7 Bandar Lampung should intensively provide resonance in realizing, uniting and implementing it systematically with the program contained in the school's vision and mission to produce professional, religious and noble intellectual output as graduates of SMK Negeri 7 Bandar Lampung. In this case PAI learning has an important role in realizing this hope. The learning quality of Islamic Religious Education can be described as an illustration of how good or bad the results that have been achieved by students in completing Islamic Religious Education learning. According to Rusman's theory there are three indicators in learning management, including lesson planning, learning implementation and learning evaluation. The purpose of this study was to describe the implementation of PAI learning management at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. In connection with the implementation of learning management at SMK Negeri 7 Bandar Lampung three things are described, namely: planning PAI learning, carrying out PAI learning and evaluating PAI learning. The research method used by the author is qualitative. Sources of information obtained by the author from primary and secondary data. Data collection methods used by the author were interviews, observation and documentation. The data obtained were then analyzed using data reduction techniques, data presentation, data verification vi and inference. In checking the validity of the data, the authors used source triangulation and technical triangulation. The results of the research on the implementation of PAI learning management at SMK Negeri 7 Bandar Lampung show that: 1) PAI learning planning has been running effectively as can be seen from the existence of the Annual Program and Semester Program for PAI Subjects, as well as the PAI Learning Equipment Plan. 2) the implementation of PAI learning includes three activities, namely the preliminary learning activities in which the teacher starts the lesson by praying first and then continues by checking the presence of students as a discipline attitude. In the core activities of PAI learning, PAI subject teachers apply a process of exploration, elaboration and confirmation. In carrying out closing learning activities, the PAI subject teacher together with students makes conclusions from the material that has been discussed at the learning meeting. In addition, the teacher also conveys the lesson plan at the next meeting. 3) evaluation of PAI learning is carried out in the form; oral test, worship practice test and written test/test. Keywords: PAI Learning Management, Vocational High School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:25
Last Modified: 20 Sep 2023 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item