PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARTUN UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DI SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG

Maharani, Maghfira (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARTUN UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DI SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Ilmu pendidikan terus menjadi topik menarik untuk diperbincangkan oleh banyak pihak. Hal ini karena matematika adalah pelajaran yang memegang peran penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pra survei di SMPN 17 Bandar Lampung, matematika masih mendapat kesan negatif dari siswa. Bahkan tidak sedikit siswa mengalami kecemasan saat pembelajaran matematika. Hal tersebut akhirnya menuntut pendidik untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran seperti media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis kartun yang layak digunakan. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis kartun. (3) Mengetahui bisa atau tidak media pembelajaran matematika berbasis kartun menurunkan kecemasan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode pengembangan perangkat four-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau perancangan; (3) develop atau pengembangan; dan (4) disseminate atau penyebaran dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) berupa skala Likert untuk respon dan kecemasan siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah media pembelajaran matematika berbasis kartun yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menurunkan kecemasan siswa. kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dari ahli materi dan ahli media adalah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Respon siswa terhadap media pembelajaran yang diperoleh pada uji kelompok kecil yaitu sangat menarik dengan skor rata-rata sebesar 3,52. Pada uji kelompok besar diperoleh kriteria kemenarikan yaitu sangat menarik dengan skor rata-rata sebesar 3,41. Tingkat kecemasan siswa setelah penggunaan media pembelajaran menurun, yaitu pada kategori kecemasan tinggi menurun dari 40% menjadi 0%, kategori kecemasan sedang mengalami penurunan dari 37% menjadi 27%, kategori kecemasan rendah berubah dari 23% menjadi 73%. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Kartun, Kecemasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jan 2018 06:26
Last Modified: 17 Jan 2018 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item