IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI LAMPUNG TENGAH NOMOR 22 TAHUN 2018 TENTANG RENCANA AKSI DAERAH AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (RAD-AMPL) KABUPATEN LAMPUN G TENGAH TAHUN 2017- 2021 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Di KampungBuyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah)

Devina, Ramadia Busti (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI LAMPUNG TENGAH NOMOR 22 TAHUN 2018 TENTANG RENCANA AKSI DAERAH AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (RAD-AMPL) KABUPATEN LAMPUN G TENGAH TAHUN 2017- 2021 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Di KampungBuyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Devina Ramadia Busti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PAMSIMAS (Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) bertujuan terciptanya masyarakat yang berprilaku hidup bersih dan sehat melalui peningkatan akses masyarakat miskin pedesaan dan pinggiran kota terhadap pelayanan air minum dan sanitasi serta mendukung dalam upaya mempercepat target Millennium Development Goals (MGDs). Kebijakan RAD AMPL rata – rata telah dilaksanakan di setiap daerah di Indonesia baik dikota maupun di Kabupaten. Salah satu kabupaten Lampung Tengah Nomer 22 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Kabupaten Lampung Tahun 2017-2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) Bagaimanakah Implementasi peraturan Bupati Lampung Tengah Nomer 22 Tahun 2018, Kecamatan Gunung Sugih , Kabupaten Lampung Tengah ?, (2) Bagaimanakah Impelementasi persatuan Bupati Lampung Tengah Nomer 22 Tahun 2017 di Desa Buyut Udik Dusun 4 Sariagung, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah dalam Perspektif Fiqh Siyasah ? Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian lapangan (Field Research) sedangkan Sifat Penelitian ini Deskriptif Kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung oleh responden yang menerima program Program air minum dan sanitasi di Kampung Buyut Udik, sedangkan data sekunder berupa teori – teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi, dan arsip data di Kampung Buyut Udik. Semua data tersebut merupakan bahan – bahan untuk mendeskripsikan Implementasin Program Air Minum dan Sanitasi di Kampung Buyut Udik. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, implementasi peraturan Bupati Lampung Tengah Nomer 22 Tahun 2018, peraturan Bupati tersebut sudah sebagian ada penerapannya, sebagian contoh ada yang tidak optimal, hal tersebut dapat kita temui masih ada saluran pipa yang tidak semuanya tersambung ke rumah, masyarakat dengan ekonomi ke bawah yang kurang setuju terhadap iuran sebesar 50.000 perbulan guna untuk menjaga pembanguna fasilitas dan kurangnya partisipasi masyarakat terhadap program yang diberikan oleh pemerintah daerah, mengakibatkan rusaknya fasilitas yang diberikan dalam jangka waktu yang snagat cepat setelah pembangunan. Kata Kunci: Implementasi, Masyarakat, Program Air Minum dan Sanitasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:53
Last Modified: 20 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30289

Actions (login required)

View Item View Item