IMPLEMENTASI PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) PADA MASYARAKAT MISKIN YANG TERDAMPAK COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Sinar KedatonKecamatan Kedaton Peninjauan Raya Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Okta, Lismawati (2023) IMPLEMENTASI PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) PADA MASYARAKAT MISKIN YANG TERDAMPAK COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Sinar KedatonKecamatan Kedaton Peninjauan Raya Kabupaten Ogan Komering Ulu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI OKTA LISMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bantuan Langsung Tunai merupakan bantuan uang kepada keluarga miskin di desa yang bersumber dari Dana Desa. Dalam pelaksanaan penyalurannya, pemerintah desa berlandaskan pada Permendes PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023, Pasal 36, Pasal 35 huruf a Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023. Kebijakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa disalurkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan diharapkan dapat memeberikan manfaat kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, khususnya di Desa Sinar Kedaton. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa tantangan dan permasalahan yang terjadi mulai dari masalah pendataan yang berakibat pada ketepatan sasaran, adanya kecemburuan sosial yang menimbulkan asumsi negatif kepada masyarakat penerima bantuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan rumusan masalah bagaimana implementasi penyaluran bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 di desa sinar kedaton kecamatan kedaton peninjauan raya kabupaten ogan komering ulu dan bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap implementasi penyaluran bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi penyaluran bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 di desa sinar kedaton kecamatan kedaton peninjauan raya kabupaten ogan komering ulu dan untuk mengetahui perspektif fiqh siyasah terhadap implementasi penyaluran bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. Data penelitian diperoleh langsung dari Desa Sinar Kedaton melalui metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penyaluran bantuan langsung tunai di desa sinar kedaton dapat dikatakan sudah berjalan dengan cukup efektif, hal ini dibuktikan dengan ketepatan sasaran keluarga penerima manfaat dan ketepatan jumlah yang diberikan. Meskipun dalam waktu penyalurannya terjadi sedikit keterlambatan namun pemerintah berusaha memberikan himbauan lanjutan. Bersadarkan pandangan siyasah tanfidziyah pelaksanaan iii penyaluran bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 telah menyesuaikan dengan siyasah tanfidziyah yang mengatur pelaksanaan perundang-undangan yang ditetapkan pemerintah pusat, hal ini dibuktikan dengan adanya musyawarah yang diadakan pemerintah desa bersama tokoh masyarakat sebelum mengesahkan penerima BLT, keterbukaan terhadap informasi penyaluran bantuan, dan kemanfaatan bantuan untuk masyarakat miskin. Kata Kunci : Penyaluran Bantuan Langsung Tunai, Covid-19, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:18
Last Modified: 20 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item