TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP UPAH KERJA DARI JAM KERJA FOTOGRAFER PRENEUR DAN FREELANCE (Studi di Studio Okkeproject Pekon Sinar Harapan Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus)

PUTRI, KURNIAWAN (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP UPAH KERJA DARI JAM KERJA FOTOGRAFER PRENEUR DAN FREELANCE (Studi di Studio Okkeproject Pekon Sinar Harapan Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari skripsi ini yaitu tentang pengupahan terhadap jam kerja fotografer preneur dan freelance. Akad merupakan akad adalah perikatan ijab dan kabul yang dibenarkan syara yang menetapkan keridhaan kedua belah pihak. Berdasarkan Pasal 20 ayat 1 KHES (kompilasi hukum ekonomi syariah) akad adalah kesepakatan dalam suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk melakukan atau tidak melakukan perbuatan hukum tertentu Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah :1). Bagaimanakah pelaksanaan pemberian upah terhadap jam kerja pada fotografer preneur freelance (Studi di Studio Okkeproject Pekon Sinar Harapan Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus,) 2)Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan pemberian upah jam kerja fotografer preneur dan freelance (Studi di Studio Okkeproject Pekon Sinar Harapan Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari fotografer freelance yang bekerja pada studio Okkeproject. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Sistem pengupahan jam kerja pada freelance fotografer di studio Okkeproject yaitu dengan melakukan akad yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Fotografer freelance melakukan pemotretan sesuai dengan kesepakatan jam kerja yang disetujui. 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jam Kerja Fotografer Preneur dan Freelance telah memenuhi syarat sah akad. Sehingga dalam Hukum Ekonomi Syariah diperbolehkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:52
Last Modified: 19 Sep 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30280

Actions (login required)

View Item View Item