PENGARUH BRAND IMAGE DAN MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MODAL USAHA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Tamwil Muhamadiyah Bina Masyarakat Utama BANDAR LAMPUNG)

Firdaus, ridho (2018) PENGARUH BRAND IMAGE DAN MEDIA COMMUNICATION TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MODAL USAHA DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Tamwil Muhamadiyah Bina Masyarakat Utama BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skrippsi_pdf.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Seiring maraknya persaingan antar perusahaan didunia usaha saat ini membuat persainngan antar merek dalam rangka memperebutkan pangsa pasar. cirri dan daya tarik pada suatu produk dapat dilakukan dengan pemberian brand (merek), dan pemberian merek yang tepat dapat menambah citra atau nilai positif bagi suatu produk. Perusahaan harus mampu memberikan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinnginan konsumennya. Untuk itu perusahaan harus mampu membangu image yang lebih baik dari pesaing. Selanjutnya peran komunikasi pemasaran dalam merek adalah dimana suatu perusahaan berusaha menginformaikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun secara tidak langsung untuk produk yang dijualnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh brand image dan media communication secara parsial maupun simultan terhadap minat memilih produk pembiayaan modal usaha di KSPPS BTM BIMU, dan bagaimana perspektif etika bisnis islam terhadap brand image di KSPPS BTM BIMU Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan communication terhadap minat memilih produk . dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana cara meningkatkan minat dalam memilih produk di KSPSS BTM BIMU. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan modal usaha di KSPPS BTM BIMU sebanyak 271 nasabah , dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik yang dikemukakan slovin sebanyak 74 nasabah. Serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui uji t bahwa brand image berpengaruh positif,tetapi tidak signifikan terhadap minat memilih produk dengan nilai t hitung > t tabel (2,559 > 1,669), pada media communication berdasarkaan uji t bahwa media communication berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat memilih produk dengan nilai t hitung > t tabel (2,638 > 1,669), pada uji F atau uji serempak menunjukan bahwa F hitunng > F tabel bahwa brand image dan Media communication secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk dengan nilai (7,282 > 3,13). Brand image yang dibangun oleh KSPSS BTM Bimu telah sesuai dengan etika bisnis Islam hal tersebut dilakukan dengan menerapkan etika bisnis yang dilakukan Rasullulah SAW yaitu dengan menerapkan prinsip tauhid, adil, pertanggung jawaban, kejujuran. Kata Kunci : Brand Image, Media Communication, Minat Memilih Produk, KSPSS BTM BIMU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:51
Last Modified: 25 Jan 2018 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item