PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MA AL-FALAH MUNCAK PESAWARAN

RAHMA, RAYA (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MA AL-FALAH MUNCAK PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RAHMA RAYA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompeteni profeional guru merupakan hal yang sangat penting bagi keberhasilan suatu tujuan dalam lembaga pendidikan, peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompeteni profeional guru harus mampu mendorong kepada bawahannya agar tercipta situasi dan kondisi belajar yang efektif, kepala madrasah sangat dituntut untuk mempengaruhi guru agar melaksanakan tugas-tugasnya secara professional. Sebagaimana guru adalah kunci utama untuk meningkatkan kinerja siswa karena guru yang berinteraksi langsung dengan siswa untuk menyampaikan pengetahuan sekaligus mendidik nilai-nilai positif melalui bimbingan dan teladannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberhasilan siswa bergantung pada kinerja guru yang terbaik. Atas dasar itu maka sebagai tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui ―Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MA Al-Falah Muncak Peawaran‖. Penelitian ini adalah diskripsi kualitatif teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi. Data yang diproleh diAnalisis dengan langkah-langkah reduksi data, dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MA Al-Falah Muncak Peawaran selama ini sudah cukup baik, dalam Peran Kepala Madrasah sebagai Manajer yaitu : 1) Kepala Madrasah mampu menyusun program sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru. 2) Kepala mdrasah mampu melakukan pengorganisasian sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru. 3) Kepala madrasah mampu menggerakan guru dan staf sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru. 4) Kepala madrasah melakukan pengawasan dalam meningkatkan kompetensi professional guru. Adapun peran kepala madrasah dalam kompetensi profesional guru yaitu: 1) Guru sudah mengerti dan menerapkan landasan kependidikan baik filosofi, psikologis, dan sosiologis. 2) Guru mampu menerapkan teori belajar sesuai taraf perkembangan sisiwa. 3) Guru sudah menangani dan mengembangkan bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya. 4) Guru sudah mengerti dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. 5) Guru Sudah mengembangkan dan menggunakan berbagai alat, media dan sumber belajar yang relevan. 6) Guru sudah mengorganisasikan dan melaksanakan program pembelajaran. 7) Guru sudah melaksanakan evaluasi hasil peserta didik. Kata Kunci : Manajer, Profesional Guru iv ABSTRACT The role of the madrasa head in improving teacher professional competence is very important for the success of a goal in educational institutions, the role of the madrasa head in improving teacher professional competence must be able to encourage his subordinates to create effective learning situations and conditions, the madrasa head is highly required to influence teachers to carry out their duties in a professional manner. As the teacher is the main key to improving student performance because the teacher interacts directly with students to convey knowledge while educating positive values through guidance and example. Therefore, it can be said that student success depends on the best teacher performance. On that basis, the author's research objective is to find out "What is the role of the madrasa head in improving the professional competence of teachers at MA Al-Falah Muncak Peawaran". This research is a qualitative description of data collection techniques by means of interviews, documentation. The data obtained was analyzed by means of data reduction and drawing conclusions while testing the validity of the data was carried out by persistence and observation and triangulation. The triangulation used in this study is source triangulation. The results of this study indicate that the role of the madrasa head in improving the professional competence of teachers at MA Al-Falah Muncak Peawaran so far has been quite good, in the role of the head of the madrasa as a manager, namely: 1) the head of the madrasa is able to develop school programs in improving teacher professional competence. 2) The head of the madrasah is able to organize the school in improving the professional competence of teachers. 3) The madrasa head is able to mobilize teachers and school staff in improving teacher professional competence. 4) The madrasa head supervises the improvement of teacher professional competence. The role of the madrasa head in teacher professional competence is: 1) The teacher already understands and applies educational foundations both philosophical, psychological and sociological. 2) Teachers are able to apply learning theory according to the level of development of students. 3) The teacher has handled and developed the field of study that is his responsibility. 4) The teacher already understands and applies various learning methods. 5) Teachers have developed and used a variety of relevant learning tools, media and resources. 6) The teacher has organized and implemented the learning program. 7) The teacher has carried out the evaluation of student results. Keywords: Manager, Professional Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:39
Last Modified: 19 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item