PENGARUH MODEL HYPHOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) BERBASIS PENDEKATAN CROSSOVER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

WIJI, TRISNA DEWI (2023) PENGARUH MODEL HYPHOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) BERBASIS PENDEKATAN CROSSOVER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIJI TRISNA DEWI.....pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir aljabar dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hasil pra penulisan yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam memahami soal-soal matematika, kurangnya kreatifitas siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu perlu diadakanya inovasi dalam menentukan model pembelajaran. Penulisan ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui pengaruh Model Hyphothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Pendekatan Crossover Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada siswa SMP pada materi triple pythagoras.. Penulisan ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi, dan tes. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Subjek penulisan ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suoh. Kelas VIII A sebagai kelas control dengan jumlah 21 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas control dengan jumlah 21 siswa. Data yang diperoleh lalu di analisis, analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah uji multivariate (MANOVA). Hasil penulisan ini adalah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir aljabar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data menggunakan program SPSS yaitu didapat nilai signifikansi sebesar 0,007 dengan taraf signifikansinya yang berarti bahwa nilai p-value < 0,05, sehingga HAB ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran hyphothetical learning trajectory berbasis pendekatan crossover. Kata Kunci: Hyphothetical Learning Trajectory (HLT) dan Pendekatan Crossover, Kemampuan Berpikir Aljabar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. iii ABSTRACT This writing was motivated by the students' low algebraic thinking ability and mathematical creative thinking ability. Based on the pre-writing results, namely students' lack of understanding in understanding mathematics problems, students' lack of creativity in solving mathematics problems. Therefore, innovation is needed in determining learning models. This writing aims to determine the influence of the Hyphothetical Learning Trajectory (HLT) Model Based on a Crossover Approach on Algebraic Thinking Ability and Mathematical Creative Thinking Ability in junior high school students on Pythagorean triple material. This writing uses documentation, observation and test data collection techniques. The method used is experimentation with Posttest-Only Control Design. The subject of this writing is class VIII students at SMP Negeri 1 Suoh. Class VIII A is the control class with a total of 21 students and class VIII B is the control class with a total of 21 students. The data obtained was then analyzed. The data analysis used in this writing is the multivariate test (MANOVA). The results of this writing are that there are differences in creative thinking abilities and algebraic thinking abilities between the control class and the experimental class. The results of data analysis using the SPSS program obtained a significance value of 0.007 with a significance level (α) = 0.05, which means that the p-value <0.05, so HAB was rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence on creative mathematical thinking abilities and algebraic thinking abilities among students who are taught using a hypothetical learning trajectory learning model based on a crossover approach. Keywords: Hyphothetical Learning Trajectory (HLT) and Crossover Approach, Algebraic Thinking Ability, Mathematical Creative Thinking Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:26
Last Modified: 19 Sep 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30276

Actions (login required)

View Item View Item