EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PADANG CERMIN PESAWARAN

AYU, TIARA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE MEET PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PADANG CERMIN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSII AYUUUH FULL.PDF] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan tidak melaksanakan kegiatan belajar mengajar langsung secara tatap muka tetapi dengan memanfaatkan media informasi berbasis internet menggunakan alat komunikasi seperti handphone, laptop secara jarak jauh. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Meet dalam proses pelaksanaannya. Google Meet merupakan aplikasi video conference yang dapat menghubungkan banyak orang dalam satu ruang online dan dapat berkomunikasi dan melihat satu sama lain secara virtual. Pembelajaran dengan menggunakan Google Meet dapat mempengaruhi tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran daring. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru yang memotivasi peserta didik dengan menggunakan pendekatan dan strategi khusus untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran dengan baik.Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila terlaksana dengan baik dan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Proses pembelajaran di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran dilaksanakan melalui online dikarenakan adanya pandemi dan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dalam pembelajaran online tersebut banyak menimbulkan keresahan dari orang tua dan peserta didik yang membuat peserta didik menjadi kurang dalam memahami pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keefektifan pelaksanaan pembelajaran Daring PAI menggunakan Google Meet di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran,.Dengan demikian penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan pelaksanaan pembelajaran PAI melalui online di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilihat dari proses pembelajaran Daring PAI menggunakan Google Meet. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data primer diperoleh langsung dari responden yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik.Sedangkan sumber data sekunder diambil dari dokumentasi sekolah.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan Google Meet di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran bisa dikatakan sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Efektifitas, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Google Meet, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:02
Last Modified: 19 Sep 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item