PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK ANALIS KESEHATAN TRIJAYA BANDAR LAMPUNG

RISKA, INGGRIED MANDALASARI (2023) PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK ANALIS KESEHATAN TRIJAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RISKA INGGRIED MANDALASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Munculnya sistem pendidikan full day school di Indonesia diawali dengan menjamurnya istilah sekolah unggulan sekitar tahun 1990-an yang banyak dipelopori oleh sekolah-sekolah swasta termasuk sekolah-sekolah yang berlabel Islam. Sistem ini sudah ada sejak lama yaitu sistem yang digunakan di pondok pesantren. Pada umumnya siswa�siswi pada pondok pesantren akan belajar seharian penuh untuk mempelajari pengetahuan agama islam selain pengetahuan agama lainnya. Sekolah full day School merupakan sistem atau program yang baik untuk melindungi anak-anak dari pergaulan serta berbagai pengaruh perkembangan zaman terutama dalam hal teknologi, Banyak nilai plus dari adanya program full day school sendiri dengan adanya berbagai macam kegiatan di dalamnya. Berbagai keunggulan dalam pelaksanaan program ini membuat penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelaksanaan pelaksanaan full day school dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik SMK Analis Kesehatan Trijaya Bandar Lampung? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perencanaan pelaksanaan full day school pembelajaran PAI di kelas XI SMK Analis Kesehatan Trijaya Bandar Lampung 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI pada full day school XI SMK Analis Kesehatan Trijaya Bandar Lampung 3) Mengetahui hasil pelaksanaan full day school dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Analis Kesehatan Trijaya Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran meliputi Program Tahunan (prota), program semester (promes), kalender pendidikan (kaldik), silabus dan rencana pelaksanaaan pembelajaran (RPP) perencanaan yang dibuat sudah sesuai dengan konsep kurikulum 2013 2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sejak pagi hingga sore hari (jam 06.45 s/d 15.00 WIB). Dalam pelaksanaan pembelajaran banyaknya muatan agama dalam struktur kurikulum merupakan hal yang mendukung diadakannya pembelajaran sistem full day school 3) Pelaksanaan pembelajaran full day school bertujuan untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh peserta didik sehingga waktu yang siswa punya itu bisa sepenuhnya digunakan untuk belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas sudah bagus sesuai RPP, hanya saja pada jam siang kurangnya fasilitas sekolah menjadi faktor utama yang menjadi kendala dalam proses belajar mengajar 4) Hasil pelaksanaan full day school dalam pembelajaran PAI, nilai yang diperoleh siswa dalam ulangan harian dan tugas-tugas harian menunjukkan nilai yang bagus. Kata Kunci: Pelaksanaan Full Day School, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT The emergence of the full day school education system in Indonesia began with the proliferation of the term superior school around the 1990s, which was pioneered by many private schools, including schools labeled Islamic. This system has been around for a long time, namely the system used in Islamic boarding schools. In general, students at Islamic boarding schools will study all day long to learn Islamic religious knowledge in addition to knowledge of other religions. Full day school is a good system or program to protect children from social interactions and various influences of current developments, especially in terms of technology. There are many plus points from having a full day school program itself with the various kinds of activities in it. The various advantages in implementing this program made the author interested in carrying out research with the problem statement: What are the planning, implementation and results of the implementation of full day school in Islamic Religious Education Learning for Trijaya Health Analyst Vocational School Students in Bandar Lampung? Based on the problem formulation, the objectives of this research are: 1) Knowing the planning for the implementation of full day school PAI learning in class results of the implementation of full day school in PAI learning in class XI of the Trijaya Health Analyst Vocational School, Bandar Lampung. This type of research is descriptive qualitative. The data collection technique uses observation, interviews and documentation. The analysis method used is three stages, namely data reduction, data presentation and verification. The results of the research show that: 1) Learning planning includes the Annual Program (prota), semester program (promes), educational calendar (kaldik), syllabus and learning implementation plan (RPP) the planning made is in accordance with the 2013 curriculum concept 2) Learning implementation is carried out from morning to evening (06.45 to 15.00 WIB). In implementing learning, the large amount of religious content in the curriculum structure is something that supports the implementation of a full day school learning system. 3) The implementation of full day school learning aims to maximize the time that students have so that the time that students have can be fully used for learning. The implementation of learning carried out by teachers in the classroom is good according to the RPP, it's just that during the day the lack of school facilities is the main factor that becomes an obstacle in the teaching and learning process 4) The results of the implementation of full day school in PAI learning, the grades obtained by students in daily tests and Daily assignments show good grades. Keywords: Implementation of Full Day School, Islamic Religious Education Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:34
Last Modified: 19 Sep 2023 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30273

Actions (login required)

View Item View Item