KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER

Dedek, Puspita Rini (2023) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM MEMBENTUK KARAKTER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DEDEK PUSPITA RINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam membentuk karakter. Sedangkan yang menjadi permasalahan dalam peneltian ini adalah keprihatinan penulis mengenai krisis multidimensional yang dihadapi oleh bangsa Indonesia terutama dalam problem moral, jika kita mengamati kehidupan umat Islam pada masa kini, maka tidaklah sedikit yang berkepribadian buruk dan tidak berkarakter seperti seks bebas dikalangan para remaja, peredaran narkoba dikalangan para remaja, peredaran foto dan video porno dikalangan pelajar dan sebagainya. Apabila sikap diatas semakin membudaya, maka jelaslah akan berdampak negatif pada anak-anak yang masih dalam proses pembinaan moral agama, oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan solusi atas berbagai permasalahan anak bangsa, khususnya dalam degredasi moral. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji Konsep Pendidikan pemikiran ki hadjar dewantara dalam membentuk karakter. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seperti apa konsep pendidikan pemikiran ki hadjar dewantara dalam membentuk karakter? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan ( Library Research) dengan fokus penelitian pada konseppendidikan pemikiran ki hadjar dewantara dalam membentuk karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dokumentasi. Kemudian langkah akhir peneliti menggunakan teknik content analysis yang merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan suatu komunikasi untuk memecahkan atau mencari solusi suatu permasalahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan pemikiran ki hadjar dewantara dalam membentuk karakter merupakan konsep pendidikan karakter yang bersandarkan pada pancadarma yaitu. Sehingga dengan bersandar pada tiga pilar itu proses pendidikan karakter akan berjalan dengan efektif dan efisien serta tujuan pembentukan karakter itu sendiri dapat tercapai dengan baik. Kata kunci: pendidikan karakter, pembentukan karakter, ki hadjar dewantara. iv ABSTRACK This research aims to determine the educational concept of Ki Hadjar Dewantara's thought in forming character. While the problem in this research is the author's demands regarding the multidimensional crisis faced by the Indonesian people, especially in terms of morals, if we observe the life of Muslims today, there are not a few who have bad personality and no character, such as free sex among teenagers, the circulation of drugs among teenagers, vortex of pornographic photos and videos among students and so on. If the above attitude becomes more entrenched, then it is clear that it will have a negative impact on children who are still in the process of developing religious morals, therefore character education is needed to overcome these problems. Character education is a solution to various problems of the nation's children, especially in moral degradation. Therefore, the writer is interested in studying the Concept of Educational Thought of ki hadjar Dewantara in forming character. The formulation of the problem in this study is what is the concept of educational thought of Ki Hadjar Dewantara in forming character? The type of research that the author uses is library research (Library Research) with a focus on research on the educational concept of ki hadjar Dewantara's thought in shaping character. The data sources in this study are primary and secondary data sources. The data collection technique that researchers use is documentation. Then the final step of the researcher uses the content analysis technique which is a scientific analysis of the contents of a communication message to solve or find a solution to a problem. The results of the study show that the concept of educational thought of Ki Hadjar Dewantara in forming character is a concept of character education that relies on the Pancadarma, namely. So that by relying on the three pillars, the character education process will run effectively and efficiently and the purpose of character formation itself can be achieved properly. Keywords: character education, character building, ki hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:37
Last Modified: 19 Sep 2023 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30272

Actions (login required)

View Item View Item