KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT Mitra Usaha Lampung Timur)

Nurcahyo, Dwi (2018) KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BMT Mitra Usaha Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan suatu lembaga yang terdiri dua istilah yaitu baitul maal dan baitul tamwil. Baitul maal lebih lebih berpengaruh pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang non profit, seperti; Zakat, Infaq dan sedekah. Adapun baitul tamwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia perbankan atau lembaga keuangan yang semakin ketat dalam kondisi seperti ini para pelaku pasar harus bekerja keras demi meningkatkan atau mempertahankan daya saing perbankan atau lembaga keuangan, dalam upaya mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik internal maupun eksternal BMT Mitra usaha Lampung timur senantiasa memberikan kontribusi yang optimal terhadap peningkatan manfaat produk yang ditawarkan secara berkelanjutan dan meningkatkan kualitas pelayanan sumber daya yang dimiliki dimaksudkan agar BMT Mitra Usaha Lampung Timur memiliki daya saing yang kuat, karena tanpa anggota maka bank atau lembaga keuangan tidakakan memiliki aktivitas apapun. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap minat anggota menggunakan jasa BMT Mitra Usaha Lampung Timur, Untuk mengetahui bagaimana prespektif ekonomi Islam terhadap kualitas produk dan pelayanan yang diterapkan BMT Mitra Usaha Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, tekhnik pengumpulan datanya melalui penyebaran angket yang ditujukan pada anggota BMT Mitra Usaha dengan jumlah responden 100 orang. Data Primer yang dikaji dengan menggunakan tahap Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji multikolinieritas, Uji Heterokedastisidas, uji autokorelasi, Analisis regeresi linier berganda,Uji Determinasi,Uji T, DanUji F. Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara parsial diperoleh hasil variabel kualitas produk (X1) thitung sebesar 5,550, Hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel 1984 dengan nilai signifikan sebesar (0,000<0,05) artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk terhadap minat nasabah menggunakan BMT. Variabel kualitas pelayanan (X2) thitung sebesar 5,246, Hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan BMT. Pengujian simultan diperoleh hasil secara bersama-sama kualitas produk dan pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan BMT. Diperoleh Fhitung 54,131 > Ftabel 3,09. Pengaruh kualitas produk dan pelayanan berkontribusi sebesar 52,7% terhadap minat nasabah menggunakan jasa BMT. Sedangkan sisanya, sebesar 47,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2018 06:26
Last Modified: 30 Jan 2018 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3027

Actions (login required)

View Item View Item