MINAT BERWIRAUSAHA PADA GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

RAHMA, MEYLANI (2023) MINAT BERWIRAUSAHA PADA GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rahma Meylani .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minat Berwirausaha Pada Generasi Z Di Era Revolusi Industri 4.0 Oleh : Rahma Meylani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Terbentuknya Minat Berwirausaha Pada Generasi Z di Era Revolusi Industri 4.0 dengan subjek penelitian tiga orang partisipan yaitu Enterpreneur, Owner Online Shop, dan Owner Hayyaofficial_. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi. Proses analisis data menggunakan bantuan aplikasi Nvivo agar memudahkan peneliti dalam menarik kesimpulan. Aplikasi NVIVO adalah software yang digunakan untuk mengatur,menyimpan,dan menganalisis data kualitatif. Pada dasarnya NVIVO digunakan untuk memudahkan pengerjaan penelitian kualitatif (dalam hal organisasi data,olah data,analisis data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga partisipan memiliki kepribadian yang sejalan dengan karakteristik wirausaha. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, kedua partisipan mengatakan bahwa terbentuknya minat berwirausaha berasal dari dalam dirinya secara mandiri, hal tersebut bedasarkan pola pikir dan keadaan yang dialami oleh kedua partisipan. YE dan IM yang berdagang karena hobby nya dibidang memasak dan fashion. Selain itu partisipan KE yang memiliki jiwa berwirausaha dikarenakan latar belakang keluarganya yaitu berdagang. Seorang wirausaha harus memiliki karakteristik yaitu memiliki rasa percaya diri, berorientasi pada hasil,berani menanggung resiko, memiliki jiwa kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi pada masa depan, jujur dan tekun. Ketiga partisipan dalam penelitian ini memiliki karakteristik seorang wirausahan yang baik dengan memiliki rasa kepercayaan diri, mampu menentukan sikap yang tepat dan benar mengenai hasil dan keberhasilan, memiliki ide ide yang inovatif, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu membaca peluang yang muncul dimasa depan dan memiliki sikap jujur dan tekun. Kata Kunci : Enterpreneur,Online Shop, Generasi Z, Revolusi Industri 4.0 iii ABSTRACT This study aims to determine the Formation of Interest in Entrepreneurship in Generation Z in the Era of the Industrial Revolution 4.0 with the research subjects being three participants, namely Entrepreneurs, Owners of Online Shops, and Owners of Hayyaofficial_. The type of research used is qualitative research with a phenomenological approach. The data collection method used was semi-structured interviews and observation. The data analysis process uses the help of the Nvivo application to make it easier for researchers to draw conclusions. The NVIVO application is software used to organize, store and analyze qualitative data. Basically, NVIVO is used to facilitate qualitative research (in terms of data organization, data processing, data analysis). The results of this research show that the three participants have personalities that are in line with entrepreneurial characteristics. Based on the results of the interviews that were conducted, the two participants said that the formation of an interest in entrepreneurship came from within themselves independently, this was based on the mindset and circumstances experienced by the two participants. YE and IM trade because of their hobbies in cooking and fashion. Apart from that, KE participants have an entrepreneurial spirit because their family background is in trading. An entrepreneur must have the characteristics of having self-confidence, result�oriented, dare to take risks, have a leadership spirit, originality, future-oriented, honest and diligent. The three participants in this study have the characteristics of a good entrepreneur by having self�confidence, being able to determine the right attitude regarding results and success, having innovative ideas, having a leadership spirit, being able to read opportunities that arise in the future and having an honest attitude. and persevere. Keywords: Entrepreneur, Online Shop, Generation Z, Industrial Revolution 4.0

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:06
Last Modified: 19 Sep 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item