SISTEM PELAYAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KUA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG

Heni, Lestari (2023) SISTEM PELAYAN PUBLIK KANTOR URUSAN AGAMA KUA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI HENI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SISTEM PELAYANAN PUBLIK KUA KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG Kantor Urusan Agama (KUA) adalah instansi terkecil di kementrian agama yang ada ditingkat kecamatan. KUA bertugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementrian Agama Kecamatan di bidang urusan agama Islam di wilayah kecamatan. Tugas KUA melayani masyarakat dengan sistem pelayanan yang baik sehingga dalam melayani masyarakat, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dilakukan di KUA Kemiling. Adapun yang menjadi populasi adalah semua pegawai KUA Kemiling yang berjumlah 10 orang. Kemudian sample yang digunakan metode non random sampling yaitu cara pengambilan sample tidak semua anggota populasi diberikan kesempatan untuk dipilih menjadi sample. Maka dalam pengambilan sample yang hanya 3 orang. Metode yang diambil menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Selain itu juga penulis menggunakan literature-literature pelayanan publik. Kemudian sifat penelitian ini adalah deskriptif, analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian skripsi ini dengan sistem pelayanan yang ada di kantor urusan agama diantaranya: Elemen-elemen atau bagian bagian yang saling terhubung yang terbentuk menjadi satu kesatuan yang ada di KUA Kemiling guna untuk melayani masyarakat yang berkepentingan. Bagian-bagian yang ada di KUA dan yang ada di Struktur yaitu kepala KUA, Penghulu ( Bimbingan Keluarga Sakinah ), Penyusun bahan PPAIW (Pejabat Pencatat Akta Ikrar Wakaf), penyusun bagian amil zakat, penyusun bahan SDM kepenghuluan, penyusun bahan materi manasik haji. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem pelayanan publik sudah baik dalam pelayanan terhadap masyarakat namun perlu lebih disiplin lagi supaya lebih baik dan ditingkatan fasilitas SDM agar lebih kondusif lagi dalam berkerja sehingga lebih cepat dalam akses melalui media dan dalam penyelesaian tugas melalui alat seperti komputer, laptop, printer dan lainnya. Kata kunci : Sistem pelayanan publik iii ABSTRACT KUA KEMILING PUBLIC SERVICE SYSTEM BANDAR LAMPUNG CITY The Office of Religious Affairs (KUA) is the smallest agency in the ministry of religion at the sub-district level. The KUA is tasked with assisting in carrying out some of the duties of the Subdistrict Ministry of Religion Office in the field of Islamic religious affairs in the subdistrict area. The KUA's task is to serve the community with a good service system so that in serving the community, this type of research is field research carried out at KUA Kemiling. The population is all KUA Kemiling employees, totaling 10 people. Then the sample used was a non-random sampling method, namely a sampling method where not all members of the population were given the opportunity to be selected as a sample. So in taking the sample only 3 people. The method used uses interviews, observation and documentation. Apart from that, the author also uses public service literature. Then the nature of this research is descriptive, analysis using a qualitative approach. The results of this thesis research on the service system in the religious affairs office include: Interconnected elements or parts that are formed into one unit at KUA Kemiling in order to serve interested communities. The sections in the KUA and those in the Structure are the head of the KUA, Penghulu (Sakinah Family Guidance), PPAIW material preparer (Official for the Registrar of Waqf Pledge Deeds), compiler of the amil zakat section, compiler of HR material for penghuluan, compiler of material for Hajj rituals. The conclusion of this research is that the public service system is good in serving the community but needs to be more disciplined so that it is better and improves human resource facilities so that they are more conducive to work so that access through media is faster and in completing tasks via tools such as computers, laptops, etc. printers and others. Keywords: Public service system

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:55
Last Modified: 19 Sep 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item