EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN BANDARA DI SMK PENERBANGAN RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG.T.A. 2017/2018

Febrianti, Reza (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN BANDARA DI SMK PENERBANGAN RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG.T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_REZA_FEBRIANTI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

kedisiplinan belajar merupakan persoalan penting dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Tanpa kedisiplinan, peserta didik tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. perilaku peserta didik yang terlihat mengenai disiplin belajar antara lain tidak mengikuti beberapa mata pelajaran dengan alasan-alasan tertentu, malas mencatat, terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan membuat gaduh di kelas. oleh karena itu peneliti menggunakan Self-managemen dalam upaya peningkatan disiplin belajar, dikarenakan Self management merupakan metode untuk membantu klien menemukan tingkah laku yang baru dalam hidupnya sehari-hari, Dengan manajemen diri, klien bisa mengatur hidupnya, siswa yang belum mempunyai disiplin belajar yang tinggi di sekolah maka akan membentuk sikap disiplin yang tinggi dengan self management. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI jurusan APB SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental designs dengan desain penelitian One-group pretest-posttest design. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurasan APB SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung yang dikategorikan disiplin belajar rendah. Kemudian didapatkan 18 sampel dengan kategori Tinggi melalui teknik Random Sampling untuk menangani disiplin belajar yang rendah pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah di berikan Treatment Terdapat perbedaan skor Mean sebelum diberikan treatment 83,6 dan Mean posttest setelah diberikan treatment 108,1 selain itu diperoleh t hitung menggunakan Paired Sample t test adalah (12.568) nilai ini > t tabel (2,109) dengan nilai Sig 0,00 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolah, dengan demikian disiplin belajar peserta didik dapat dikurangi setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Self-Managemen. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Self-Managemen Efektif dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:54
Last Modified: 25 Jan 2018 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item