LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG

RATIH, BUNGA PERTIWI (2023) LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATIH BUNGA PERTIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan bimbingan dan konseling merupakan suatu teknik dalam bimbingan dan konseling yang memiliki peran strategis dalam membantu sekolah/guru dalam memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam proses pembelajaran, khususnya yang menyangkut penurunan minat belajar. Maka dari itu guru bimbingan konseling Pondok Pesantren Nurul Ummah Langkapura memanfaatkan layanan bimbingan konseling sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya minat belajar pada santri. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan konseling individu untuk mengatasi rendahnya minat belajar di Pondok Pesantren Nurul Ummah Langkapura Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling individu untuk mengatasi rendahnya minat belajar pada santri dilakukan dengan tiga layanan, yaitu: 1) Layanan Informasi, untuk membantu guru bimbingan konseling dalam menangani dan memantau perkembangan santri yang memiliki masalah. 2) Layanan Konseling Individu, dilakukan dengan tindakan kuratif (pengentasan) agar santri tidak mengulangi permasalahan nya dengan pemberian layanan konseling individu, sehingga santri mampu mengembangkan dirinya. 3) Layanan Bimbingan Belajar, yaitu merupakan proses pembelajaran untuk membawa santri aktif dalam kegiatan belajar dan mencapai hasil yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemilihan layanan konseling individu untuk mengatasi rendahnya minat belajar santri ini sudah sangat tepat, dengan menggunakan beberapa layanan dan metode konseling, dan dalam pelaksanaannya sudah cukup maksimal karena adanya evaluasi secara mendalam. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Individu, Rendahnya Minat Belajar iii ABSTRACT Guidance and counseling services are a technique in guidance and counseling that has a strategic role in assisting schools/teachers in solving various problems that arise in the learning process, especially those involving decreased interest in learning. Therefore, the counseling guidance teacher at the Nurul Ummah Langkapura Islamic Boarding School utilizes counseling guidance services as an effort to overcome the low interest in learning among students. The aim of this research is to determine the implementation of individual counseling services to overcome low interest in learning at the Nurul Ummah Langkapura Islamic Boarding School, Bandar Lampung. This type of research is field research (field research) which is descriptive qualitative in nature. The selection of informants used purposive sampling technique. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses a data analysis model consisting of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that individual counseling services to overcome the low interest in learning among students are carried out with three services, namely: 1) Information Services, to assist counseling teachers in handling and controlling the development of students who have problems. 2) Individual Counseling Services, carried out with curative measures (alleviation) so that students do not repeat their problems by providing individual counseling services, so that students are able to develop themselves. 3) Tutoring Services, which is a learning process to bring students active in learning activities and achieve optimal results. The conclusion of this research is that the selection of individual counseling services to overcome the students' low interest in learning was very appropriate, using several counseling services and methods, and the implementation was quite optimal due to in-depth evaluation. Keywords: Individual Counseling Guidance, Low Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:35
Last Modified: 19 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30259

Actions (login required)

View Item View Item