PEMBINAAN ROHANI ISLAM PADA NARAPIDANA MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS IIA KALIANDA LAMPUNG SELATAN

VEBI, JUANDA (2023) PEMBINAAN ROHANI ISLAM PADA NARAPIDANA MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS IIA KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VEBI JUANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembinaan Rohani Islam Pada Narapidana Melalui Pendekatan Andragogi Di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kalianda Lampung Selatan Oleh : Vebi Juanda Pendidikan Agama Islam merupakan faktor penting untuk terbentuknya moral manusia. Adapun salah satu fungsi pendidikan adalah membantu peerta didik untuk meningkatkan dimensi keberagamaan nya. Mengingat pentingnya dimensi keberagamaan, maka pemberia pendidikan agama islam kepada seseorang individu adalah hal yang sangat diperlukan. Dikarenakan pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang religius. Salah satu kemerosotan moral saat ini adalah keringnya jiwa manusia dari nilai-nilai spiritual, serta jauh dari ajaran agama. Agama islam sebagai petunjuk jalan bagi oran-orang yang buta akan nilai-nilai moral dan norma-noma agama yang berlaku.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil etting tempat penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Kalianda. Subyek pada penelitian ini adalah petuga pembina keagamaan dan Ustadz yag mengajar dalam pelaksanaan pendidikan agama islam. Sedangkan informan dalam penelitian adalah ini adalah Narapidana di lembaga pemasyarakatan klas II A kalianda. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi tenikdan trianggulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian mengunakan analisis interaktif dengan lagkah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan agama islam melalui pendekatan andragogi dilembaga pemasyarakatan klas Iia kalianda sudah berjalan dengan baik. Dampak dari implementasi pendidikan islam melalui pendekatan andragogi yaitu petugas mampu menganalisis beberapa masalah kompetensi yang dialami oleh narapidana dan dapat lebih memfokuskan pada apa yang menjadi masalah dalam pembelajaran sehinga narapidana dapat mengalami perubahan, baik dari dalam bidang kognitif, efektif, juga psikomotorik. Kata Kunci : Pembinaa Rohani Islam, Pendekatan Andragogi, Narapidana iii ABSTRACT Islamic Spiritual Development for Prisoners Through an Andragogy Approach at the Class II A Penitentiary, Kalianda, South Lampung By Vebi Juanda Islamic religious education is an important factor for the formation of human morals. One of the functions of education is to help students to increase their religious dimensions. Considering the importance of the religious dimension, providing Islamic religious education to individuals is very necessary. Because basically humans are religious creatures. One of the current moral declines is the dryness of the human soul from spiritual values, and away from religious teachings. The Islamic religion is a guide for people who are blind to the moral values and religious norms that apply. This type of research is qualitative research, setting the research location at the Kalianda Class I Penitentiary. The subjects of this research were religious guidance officers and Ustadz who taught in the implementation of Islamic religious education. Meanwhile, the informants in the research are inmates at your class II A penitentiary. Data collection methods use observation, interviews and documentation. The data validity technique uses technical triangulation and source triangulation techniques. The data analysis method in the research uses interactive analysis with steps of data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research show that the implementation of Islamic religious education through the andragogy approach in your class Iia correctional institution has gone well. The impact of implementing Islamic education through an andragogy approach is that officers are able to analyze several competency problems experienced by prisoners and can focus more on what is a problem in learning so that prisoners can experience changes, both in the cognitive, effective and psychomotor fields. Keywords: Islamic Spiritual Development, Andragogy Approach, Prisoners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:02
Last Modified: 18 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item