PERAN DETASEMEN WANITA BANSER NAHDATUL ULAMA (DENWATSER NU) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI KECAMATAN BELITANG MADANG RAYA KABUPATEN OKU TIMUR

KANA, RETNO WATI (2023) PERAN DETASEMEN WANITA BANSER NAHDATUL ULAMA (DENWATSER NU) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI KECAMATAN BELITANG MADANG RAYA KABUPATEN OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Denwatser merupakan sekelompok kaum perempuan yang memiliki tugas sama halnya dengan Banser. yang mana, bergerak sebagai pengamanan dalam kegiatan ke NU an. Melihat posisi perempuan yang masih berada di pinggir atas konstruksi sosial masyarakat, hal ini memunculkan semangat untuk membebaskan perempuan atas keterpurukan yang diterimanya. Kemudian hadirlah Denwatser memberikan perubahan kepada perempuan kearah yang lebih baik. Sehingga, perempuan menjadi lebih berdaya dan lebih di akui keberadaannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan Denwatser NU dalam memberdayakan perempuan. Bagaimana peran Denwatser NU dalam memberdayakan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan Denwatser NU dalam memberdayakan perempuan. Untuk mengetahui peran Denwatser NU dalam memberdayakan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dilapangan (field research) yang bersifat deskripstif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih subyek-subyek sampelnya. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya Denwatser NU di Kecamatan Belitang Madang Raya mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik di masyarakat khususnya kaum perempuan. Pola pembinaan yang dilakukan oleh Denwatser yakni dinamakan dengan diklatsar, dalam pembinaan diklatsar teradapat dua pelatihan yaitu pelatihan fisik dan pelatihan non fisik. Adapun beberapa pelatihan fisik yang dilakukan yaitu pelatihan PBB, pelatihan seni beladiri, kegiatan pengamanan, dan senam sehat. Untuk pelatihan non fisik melalui pembelajaran dengan diberikannya materi seperti materi ke NU an, materi wawasan kebangsaan, dan materi keperempuanan. Untuk menjalankan perannya, Sejauh ini Denwatser sangat berperan dalam memberdayakan perempuan, hal itu dipengaruhi oleh adanya dorongan dari berbagai pihak serta semangat yang timbul dari setiap anggota. Peran tersebut diantaranya yaitu peran dalam bidang sosial, peran dalam bidang pendidikan, peran sebagai motivator, serta peran sebagai aktivisme perempuan. Kata kunci: peran, Denwatser NU, pemberdayaan perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:51
Last Modified: 18 Sep 2023 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30247

Actions (login required)

View Item View Item