TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG PASAL 9 AYAT 1 NOMOR 55 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (Studi Di Forum Anak Daerah Kabupaten Tulang Bawang)

AFHA, NABILA PUTRI (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG PASAL 9 AYAT 1 NOMOR 55 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK (Studi Di Forum Anak Daerah Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AFHA NABILA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan pada usia anak menyebabkan hilangnya hak-hak anak, dan salah satu bentuk tindak kekerasan terhadap anak. Berdasarkan UU no.35 tahun 2014 tentang perlindungan anak menyatakan usia di bawah 18 tahun masih dikategorikan usia anak. Asumsi yang berkembang di masyarakat Tulang Bawang bahwa anaknya menikah di usia muda menjadi suatu kebanggaan bahkan menikah muda menjadi budaya dalam suatu keluarga. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Gubernur Lampung Pasal 9 Ayat 1 Nomor 55 tahun 2021 tentang pencegahan perkawinan pada usia anak di Forum Anak daerah Kabupaten Tulang Bawang? 2) Bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Gubernur Lampung Pasal 9 Ayat 1 Nomor 55 tahun 2021 tentang pencegahan perkawinan pada usia anak di Forum Anak daerah Kabupaten Tulang Bawang? Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Gubernur Lampung pasal 9 ayat 1 Nomor 55 tahun 2021 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak di Forum Anak Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Serta mengetahui Tinjuan Fiqih Siyasah Peraturan Gubernur Lampung pasal 9 ayat 1 Nomor 55 tahun 2021 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak di Forum Anak Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research) dengan populasi 54 anggota FAD serta penggambilan Sampel secara purvosive sampling sebanyak 5 orang. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan metode penggumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam Implementasi Peraturan Gubernur ini di Forum Anak Daerah Kabupaten Tulang Bawang belum maksimal, dikarenakan perkawinan usia anak masih terjadi di Kabupaten Tulang Bawang. Data dari UPTD Dinas PPPA Tulang Bawang angka kasus kekerasana pada anak salah satunya diakibatkan karena menikah pada usia anak sudah mengalami penurunan dari iii tahun. 2021 tercatat 35 kasus, sedangkan tahun 2022 angka kasus yang tercatat ada 32 kasus. Dispensasi nikah yang terdaftar di Pengadilan Agama Tulang Bawang pada tahun 2020 terdapat 62 perkara sedangkan pada tahun 2021 terdapat 51 perkara, pada tahun 2022 53 perkara. Angka tersebut kapan saja masih bisa mengalami kenaikan diakibatkan berbagai faktor. Sedangkan secara tinjauan Fiqih Siyasah tidak bertentangan dengan hukum Islam karena dalam pelaksanaan nya melibatkan dinas terkait dan dalam Fiqih Tanfidziyyah Syar’iyyah secara pelaksanaan peraturan sudah baik dan tidak ada pertentangan walaupun masyarakat banyak yang belum memahami dampak dari perkawinan usia anak. Serta Peraturan Gubernur Lampung ini juga telah sesuai dengan Maqashid Syariah karena memelihara agama (hifz al-din), Jiwa (hifz al-nafs), Akal (hifz al-aql), Kehormatan (hifz al-nasl), dan Harta kekayaan (hifz al-mal). Kata Kunci: Fiqih Siyasah, Peraturan Gubernur, Perkawinan pada usia anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:13
Last Modified: 18 Sep 2023 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30240

Actions (login required)

View Item View Item