PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TERKAIT REGULASI DIRI PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME

Nur, Hasanah (2023) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TERKAIT REGULASI DIRI PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NUR   HASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Selain orang dewasa, anak-anak juga kerap mengalami situasi yang membuat frustrasi. Tetapi mereka belum mampu mengendalikan emosi, atau secara efisien mengatasi reaksi. Itulah sebabnya regulasi diri dinilai penting untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam mengendalikan emosi dan tindakan, dalam proses pendidikan. Regulasi diri adalah permasalahan internal yang membantu anak-anak dan orang dewasa untuk terlibat dalam perilaku yang penuh perhatian dan disengaja. Dengan kata lain, diperlukan kemampuan untuk mengendalikan impuls supaya bisa fokus dan berhenti berperilaku negatif. Rendahnya regulasi diri pada peserta didik akan memunculkan berbagai masalah dan berdampak pada pelanggaran contohnya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Mulai dari peserta didik terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan PR, berpakaian tidak sepantasnya, sampai pelanggaran yang serius misalnya, membuat ke onaran di lingkungan sekolah, meninggalkan sekolah pada jam efektif tanpa seizin sekolah, merokok di lingkungan sekolah, tawuran antar sekolah, bahkan sampai pada perbuatan asusila. Untuk megatasi hal tersebut perlu diterapkan konseling kelompok. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi serta hasil dari pelaksanaan konseling kelompok terkait regulasi diri peserta didik tinjauan studi kasus di MA Muhammadiyah Sukarame. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru BK dan 7 peserta didik dari kelas XII di MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Teknik penentuan responden pada penelitian ini menggunakan intrumen penelitian berupa seperangkat tindakan mengenai sikap terhadap regulasi diri negatif dan catatan buku kasus. Adapun pertimbangan dalam pengambilan responden yaitu memiliki regulasi diri yang rendah kelas XII serta sering melakuan perilaku negatif di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dan hasil proses layanan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam layanan konseling kelompok, diketahui bahwa setelah diterapkan nya layanan konseling kelompok oleh guru BK, peserta didik mengalami peningkatan dan perubahan sikap atau respon yang mereka (peserta didik) lakukan disetiap proses layanan yang telah diberikan dan sudah diterapkan dalam kebiasaan sehari-harinya terutama dalam menaati tata tertib yang ada disekolah. Contohnya ketika melaksanakan sholat mereka dengan sadar segera menuju kemasjid untuk menunaikan kewajiban mereka sebagai umat muslim serta mulai berdampak positif juga terhadap tindakan menaati tata tertib yang ada disekolah. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan regulasi diri peserta didik di MA Muhammadiyah Sukarame. Kata kunci : Regulasi Diri, Konseling Kelompok iii ABSTRACT Apart from adults, children also often experience frustrating situations. But they are not yet able to control their emotions, or efficiently deal with reactions. That is why self-regulation is considered important for developing their skills in controlling emotions and actions, in the educational process. Self-regulation is an internal issue that helps children and adults to engage in mindful and intentional behavior. In other words, it takes the ability to control impulses in order to focus and stop negative behavior. Low self-regulation in students will raise various problems and have an impact on violations, for example, violations of school rules have recently become increasingly worrying. Starting from students arriving late to school, not doing homework, dressing inappropriately, to serious violations, for example, causing trouble in the school environment, leaving school during effective hours without school permission, smoking in the school environment, brawls between schools, even to immoral acts. To overcome this need to apply group counseling. This research is descriptive in nature and includes a type of qualitative research. The procedures used in this research are observation, interviews, and documentation. The purpose of this study was to determine the conditions and results of the implementation of group counseling related to student self-regulation in case study reviews at MA Muhammadiyah Sukarame. The subjects of this study were the counseling teacher and 7 students from class XII students at MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The technique of determining the respondents in this study used research instruments in the form of a set of measures concerning attitudes towards negative self-regulation and case book notes. The considerations in taking respondents are having low self-regulation in class XII and often carrying out negative behavior at school The results of the study show that the evaluation and results of the service process are in accordance with the objectives to be achieved in group counseling services. It is known that after the implementation of group counseling services by the counseling teacher, students experience improvements and changes in attitudes or responses that they (students) do in each process. services that have been provided and have been implemented in their daily habits, especially in obeying the rules that exist in schools. For example, when they perform their prayers, they consciously immediately go to the mosque to fulfill their obligations as Muslims and begin to have a positive impact on the act of obeying the school rules. Based on the explanation above, it can be concluded that the implementation of group counseling services can improve the self�regulation of students at MA Muhammadiyah Sukarame. Keywords: Self Regulation, Group Counseling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:00
Last Modified: 18 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item View Item