RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD DALAM CHANEL UST.ABDUL SOMAD OFFICAL

NOVA, SARI (2023) RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD DALAM CHANEL UST.ABDUL SOMAD OFFICAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Retorika dakwah seseorang Da’i sangat mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam berdakwah, kesuksesaan seorang Da’i ditentukan dari pemilihan bahasa serta artikulasi yang jelas agar mudah dipahami, aspek retorika juga menjadi suatu hal yang penting dalam menunjang tersampainya pesan dakwah dalam menyampaikan suatu pesan seseorang Da’i tidak mempunyai gaya atau gerakan yang khas dan sesuai maka pesan yang disampaikan akan terlihat kurang menarik. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, sumber data yang diperoleh yaitu menggunakan metode observasi yaitu dengan menggunakan pengamatan dengan penginderaan, yaitu dengan menyaksikan dan mengamati video dakwah Ustadz Abdul Somad yaitu dengan mengidentifikasi gambar, suara, atau dialog selain itu peneliti juga menggunakan metode dokumentasi melalui jurnal maupun google, youtube yang terkait mengenai video tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data, Analisis model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan mengenai retorika dakwah Ustadz Abdul Somad dimedia youtube bahwasanya Ustadz Abdul Somad sudah menerapkan dan sudah menguasai tekhnik dalam beretorika diantaranya: persuasif (mempengaruhi khalayak melalui psikologi) rekreatif (menghibur khalayak dengan humor�humor yang segar dengan logat minang), dan logos (meyakinkan khalayak melalui logika). Kata kunci : Analisis, Retorika Dakwah, Abdul Somad, di media youtube iii ABSTRACT The preaching rhetoric of a Da'i greatly influences the success and failure of preaching, the success of a Da'i is determined by the choice of language and clear articulation so that it is easy to understand, the rhetorical aspect is also an important thing in supporting the delivery of da'wah messages in conveying a message of a Da'i If I don't have a distinctive and appropriate style or movement, the message conveyed will look less attractive. The research method used in this research is to use qualitative methods, the source of the data obtained is to use the observation method, namely by using observation with sensing, namely by watching and observing videos of Ustadz Abdul Somad's da'wah, namely by identifying images, sounds, or dialogs. In addition, researchers also using the documentation method through journals and google, youtube related to the video. Then the data was analyzed using data analysis techniques, Miles and Huberman model analysis. As for the results of this study, it can be concluded regarding Ustadz Abdul Somad's da'wah rhetoric on YouTube media that Ustadz Abdul Somad has implemented and has mastered techniques in rhetoric including: persuasive (influence audiences through psychology) recreational (entertaining audiences with fresh humor with Minang accent), and logos (convincing audiences through logic). Keywords: Analysis, Da'wah Rhetoric, Abdul Somad, on YouTube media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:36
Last Modified: 18 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30238

Actions (login required)

View Item View Item