IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKIDAH AHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS RAUDHATUL JANNAH BUMISARI

Thahrina, Ardalisa (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKIDAH AHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS RAUDHATUL JANNAH BUMISARI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI Thahrina Ardalisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi pembelajaran merupakan penerapan proses interaksi yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dengan sumber belajar berada pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa supaya saling bertukar fikiran dan informasi. Membina karakter peserta didik adalah upaya yang dilakukan oleh sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran akidah ahlak dalam membina karkter peserta didik kelas VIII di MTs Raudhatul Jannah Bumisari. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah ahlak dan siswa-siswi kelas VIII di MTs Raudhatul Jannah. Adapun sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam proses mengimplementasikan nilai-nilai karakter saat pembelajaran akidah ahlak, guru memberikan pelajaran dengan baik, penuh dengan semangat, dan menyenangkan, beliau selalu memberikan contoh nilai�nilai yang baik kepada siswanya supaya menjadi anak-anak yang baik. Ketika pembelajaran beliau melakukan beberapa metode diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Faktor pendukung dalam pembinaan karakter peserta didik sudah disepakati oleh guru yang ada dimadrasah tsanawiyyah Raudhatul Jannah supaya selalu mengembangkan nilai-nilai karakter, mempunyai kerjasama dan berhubungan baik dengan masyarakat sekitar, adanya buku sanksi dan membuat poin untuk siswa yang melanggar aturan sekolah, dan membuat banyak kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk siswa supaya membentuk karakter peserta didik yang baik. Faktor penghambatnya yaitu karena dua tahun lalu sekolah libur diakibatkan adanya Covid-19 kemudian pembelajaran dialihkan dirumah atau secara daring supaya tidak menyebabkan penyebaran virus. Hal ini berdampak pada kurangnya pembinaan akhlak yang diterima oleh siswa karena minimnya proses pembelajaran pada saat itu, namun dengan menurunnya kasus Covid-19 proses pembelajaran tatap muka mulai diadakan kembali. Hal ini tentu menjadi awal yang baik untuk dapat memberi pembinaan akhlak yang baik terhadap siswa meski ada banyak tantangan. Kata Kunci : Implementasi, Membina, Akidah Ahlak. iv ABSTRAK The implementation of learning is the application of the interaction process carried out by educators and students with learning resources in a learning environment that includes teachers and students to exchange thoughts and information. Fostering the character of students is an effort made by schools that aims to shape the character of students. This study aims to determine the implementation of akidah ahlak learning in fostering the character of class VIII students at MTs Raudhatul Jannah. The method carried out in this study is a qualitative method. The subjects in this study were the principal, teachers of akidah ahlak subjects and students of class VIII at MTs Raudhatul Jannah. The data sources carried out in this study are interviews, observations and documentation. The results of this study concluded that in the process of implementing character values when learning akidah ahlak, the teacher gives lessons well, full of enthusiasm, and fun, he always gives examples of good values to his students in order to become good children. During the lesson, he carried out several methods including the lecture method, the question and answer method, and the discussion method. Supporting factors in the development of student character have been agreed upon by teachers in the tsanawiyyah Raudhatul Jannah community to always develop character values, have cooperation and good relations with the surrounding community, the existence of sanctions books and make points for students who violate school rules, and make many activities carried out by teachers for students in order to form a good student character. The inhibiting factor is because two years ago school was off due to Covid-19 and then learning was diverted at home or online so as not to cause the spread of the virus. This had an impact on the lack of moral guidance received by students due to the lack of learning process at that time, but with the decline in Covid-19 cases, the face�to-face learning process began to be held again. This is certainly a good start to be able to provide good moral coaching to students even though there are many challenges. Keywords: Implementation, Fostering, Akidah Ahlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:09
Last Modified: 15 Sep 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30232

Actions (login required)

View Item View Item