PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus di SD Al-Azhar 1, SMP Al-Azhar 3, dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung)

Siti, Nursiah (2023) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus di SD Al-Azhar 1, SMP Al-Azhar 3, dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Profesionalisme guru merupakan kemampuan atau kualitas yang dimiliki oleh guru dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik guna memperlancar pencapaian tujuan kegiatan belajar mengajar. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu melalui pendidikan dan pelatihan (diklat). Pendidikan dan pelatihan adalah suatu usaha atau proses sistematis yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta keterampilan seseorang sehingga terciptanya sumber daya manusia yang bermutu dalam melaksanakan tugas pekerjaannya secara efektif dan efisien. Semakin sering guru mengikuti program diklat maka semakin meningkat pula pengetahuan dan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap profesionalisme guru di yayasan pendidikan Al-azhar Bandar Lampung (studi kasus di SD Al�Azhar 1, SMP Al-Azhar 3, dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh tenaga pendidik yang ada di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung berjumlah 48 guru, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 35 guru, dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 52 guru. Dengan total keseluruhan yaitu 135 guru dan sampel sebanyak 58 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data sampel dianalisis dan dioleh menggunakan program komputer IBM SPSS Statistict 25. Uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana (uji T), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan terhadap profesionalisme guru sebesar 0,470 atau 47 %. Dengan kesimpulan bahwa 47% profesionalisme guru di yayasan pendidikan Al-Azhar Bandar Lampung dipengaruhi oleh pendidikan dan pelatihan, dan 53% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar pendidikan dan iv pelatihan. Sedangkan besarnya pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap profesionalisme guru di masing-masing jenjang sekolah di yayasan pendidikan Al-Azhar Bandar Lampung, yaitu SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung sebesar 59,9%, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung sebesar 62,6%, dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung sebesar 36,9%. Kata kunci : Pendidikan dan Pelatihan, Profesionalisme Guru v ABSTRACT Teacher professionalism is the ability or quality possessed by the teacher in providing the best service to students in order to facilitate the achievement of the objectives of teaching and learning activities. One effort that can be done to improve teacher professionalism is through education and training (training). Education and training is a systematic effort or process carried out to improve a person's abilities, knowledge and skills so as to create quality human resources in carrying out their work tasks effectively and efficiently. The more often the teacher attends the training program, the more his knowledge and abilities will increase. This study aims to find out how the influence of education and training on teacher professionalism at the Al-Azhar education foundation Bandar Lampung (case studies at SD Al-Azhar 1, SMP Al�Azhar 3, and SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung). This study uses a quantitative method with a survey research type. The population in this study were all teaching staff at SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung totaling 48 teachers, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung totaling 35 teachers, and SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung totaling 52 teachers. With a total of 135 teachers and a sample of 58 teachers. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale. Sample data were analyzed and processed using the IBM SPSS Statistics 25 computer program. The tests used were validity test, reliability test, analysis prerequisite test consisting of normality test and linearity test. Data analysis techniques using simple regression analysis (T test), and the coefficient of determination. The results of this study concluded that there was a significant influence between education and training on teacher professionalism of 0.470 or 47%. With the conclusion that 47% of teacher professionalism at the Al-Azhar educational foundation in Bandar Lampung is influenced by education and training, and the other 53% is influenced by other factors outside of education and training. While the magnitude of the influence of education and training on teacher professionalism at each level of school in the Bandar Lampung Al�Azhar educational foundation, namely SD Al-Azhar 1 Bandar vi Lampung by 59.9%, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung by 62.6% , and SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung by 36.9%. Keywords: Education and Training, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:11
Last Modified: 15 Sep 2023 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30224

Actions (login required)

View Item View Item