MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS

WITRI, APRILIYA (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WONOSOBO KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas merupakan upaya pemanfaatan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk mendukung proses interaksi pendidikan guna mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh pembaruan kurikulum, fasilitas yang tersedia, kepribadian guru yang simpatik, pembelajaran yang mudah ditentukan, wawasan yang luas tentang pengetahuan guru tentang semua bidang, tetapi juga guru harus menguasai tips manajemen kelas. Oleh karena itu, manajemen kelas merupakan substansi penting dalam pelaksanaan pembelajaran dan kompetensi profesional guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menjelaskan manajemen kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Metode yang digunakan dalam kajian teori peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Dalam penelitian ini, sumber data primer yang diperoleh langsung dari responden adalah: wawancara dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosobo, Waka Sarana dan Prasarana, Guru Pendidikan Agama Islam, Staf Tata Usaha, dan Siswa, mengenai kegiatan manajemen kelas, sedangkan data sekunder berupa teori terkait objek penelitian ini Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Tanggamus serta penunjang lainnya yang diperoleh dari buku, jurnal, dokumentasi dan monongrofi sekolah. Teknik pengumpulan data dengan cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas. Uji kredibilitas atau data kepercayaan terhadap data hasil penelitian dari berbagai macam cara, cara yang dilakukan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh kesimpulan manajemen kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Tanggamus, adapun kegiatan manajemen kelas penulis dalam penelitian ini yaitu: 1) Pengaturan peserta didik yang meliputi: a) Pengaturan Tingkah Laku dilakukan dengan menjelaskan keteladanan kepibadian terkait perilaku mulia dan iv mendorong sikap kejujuran, dan memberikan motivasi belajar untuk pembentukan karakter pada tiap siswa dengan cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta melakukan pendekatan secara individu. b) Pengaturan Kedisiplinan dilakukan dengan melalui kontrak belajar yang telah disepakati bersama dan memberikan teguran kepada peserta didik akibat melanggar aturan yang telah ditetapkan. c) Pengaturan Minat/Perhatian dilakukan dengan menciptakan metode pembelajaran yang menarik saat pembelajaran, serta menciptakan variasi dalam mengajar. d) Pengaturan Gairah Belajar dilakukan dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan memperbarui model mengajar dan dengan memanfaatkan media dan teknologi, memberikan motivasi kepada siswa, dan dengan pemberian reward bagi peserta didik. e) Pengaturan Dinamika Kelompok dilakukan dengan metode diskusi atau kegiatan kelompok belajar di rumah, pembagian kelompok di kelas dibagi berdasarkan absen, karakter, dan juga jenis kelamin, serta juga memilih sendiri sesuai kemauan peserta didik. 2) Pengaturan Fasilitas yang meliputi: a) Pengaturan Ventilasi sudah sesuai dengan standar sarana dan prasarana pendidikan serta memenuhi standar sebagai elemen penting dari ruang kelas yang nyaman untuk proses pembelajaran. b) Pengaturan Pencahayaan sudah dikelola dengan baik namun beberapa kelas masih belum ada lampu listrik, meskipun cahaya dari jendela kaca sudah terang dan mendukung kegiatan belajar mengajar, akan tetapi bila cuaca sedang tidak mendukung, maka kelas tersebut juga akan kekurangan cahaya, sehingga pembelajaran akan tidak maksimal. hal tersebut akan membuat kurang nyaman untuk peserta didik saat pembelajaran berlangsung, sehingga pengaturan pencahayaan belum terlaksana sepenuhnya. c) Pengaturan Kenyamanan dilakukan tenaga pendidik diantaranya yaitu menjaga agar ruang kelas selalu bersih dan rapih. d) Pengaturan Letak Duduk dilakukan dengan menyusun tempat duduk dengan rapi dan menggunakan tipe-tipe letak duduk dua bangku satu baris, dalam satu kelas ada empat baris, terdiri dari dua meja, dan dua kursi tiap baris, dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan terpisah. e) Penempatan Peserta Didik dilakukan dengan menggunakan penempatan berdasarkan prestasi (achievement grouping) pemilihan kelompok ini dilakukan agar dimana prestasi baik dan buruk disatukan dalam kelompok. Kata Kunci: Manajemen Kelas v ABSTRACT Classroom management is an effort to utilize the potential of existing classes as optimally as possible to support the process of educational interaction to achieve learning objectives. Quality learning is not only determined by curriculum updates, available facilities, sympathetic teacher personality, easy-to-determine learning, broad insight into the teacher's knowledge of all areas, but also the teacher must master classroom management tips. Therefore, classroom management is an important substance in the implementation of learning and professional competence of teachers. The purpose of this study is to determine the arrangement of students and the arrangement of facilities in learning Islamic religious education in SMP Negeri 1 Wonosobo, Tanggamus Regency. This study explains classroom management in learning Islamic religious education. The method used in the study of the researcher's theory is to use a qualitative approach to describe the problem and research focus. In this study, the primary data sources obtained directly from respondents were: interview with the Principal of SMP Negeri 1 Wonosobo, Waka facilities and infrastructure, Islamic Religious Education Teachers, Administration Staff, and Students, regarding classroom management activities, while secondary data in the form of theories related to the object of this study Classroom Management in Learning Islamic Religious Education at SMP Negeri 1 Wonosobo Tanggamus Regency as well as other supports obtained from books, journals, documentation and school monongrofi. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation. Then analyzed using data reduction techniques, data presentation, data verification and conclusions. The validity test of the data is carried out with a credibility test. Test credibility or data trust in research data from various ways, the way to test the validity of the data in this study is to use triangulation techniques. The triangulation used in this study is source triangulation. The results of the research and discussion obtained the conclusions of class management in learning Islamic religious education at SMP Negeri 1 Wonosobo, Tanggamus Regency, class vi management has run well as the author's class management activities in this study, namely: 1) Student arrangements which include: a) Behaviorregulation is carried out by explaining examples of personality related to noble behavior and encouraging honesty, and provide learning motivation for character building in each student by creating a pleasant learning atmosphere, as well as taking an individual approach. b) Disciplinary rules are carried out through mutually agreed learning contracts and give reprimands to students for violating established rules. c) Interest / Attention Setting is done by creating interesting learning methods during learning, as well as creating variations in teaching. d) Passion for Learning regulation is carried out by creating fun learning by themselves according to the wishes of students. 2) Facility Arrangements which include: a ) Ventilation arrangements are in accordance with the standards of educational facilities and infrastructure and meet the standards as an important element of a comfortable classroom for the learning process. b) Lighting settings have been managed well but some classes still do not have electric lights, even though the light from the glass window is bright and supports teaching and learning activities, but if the weather is not supportive, then the class will also lack light, so learning will not be optimal. This will make it less comfortable for students when learning takes place, So that the lighting settings have not been fully implemented. c) Comfort arrangements are carried out by educators, including keeping the classroom always clean and tidy. d) Seating arrangements are carried out by arranging seats neatly and using types of seating two benches in one row, in one class there are four rows, consisting of two tables, and two chairs per row, with separate male and female genders. e) Student placement is carried out using achievement-based placement (achievement grouping), the selection of this group is done so that good and bad achievements are united in groups. updating teaching models and by utilizing media and technology, providing motivation to students, and by rewarding students. e) Group Dynamics Regulation is carried out by discussion methods or study group activities at home, group division in class is divided based on absence, character, and gender, and also chooses. Keywords: Classroom Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:33
Last Modified: 14 Sep 2023 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30222

Actions (login required)

View Item View Item