TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 AYAT 2 PERATURAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN PENEGAKAN PENGGUNAAN APLIKASI PEDULI LINDUNGI (Studi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung

Putri, Intan Raya (2023) TINJAUAN FIQH SIYĀSAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 AYAT 2 PERATURAN WALIKOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 1 TAHUN 2022 TENTANG PELAKSANAAN PENEGAKAN PENGGUNAAN APLIKASI PEDULI LINDUNGI (Studi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wabah Corona Virus Disease 2019 terjadi dalam masalah global salah satunya Negara Indonesia yang terkena penularan penyakit tersebut. Berbagai macam penanganannya mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengindari kerumunan, dan aplikasi peduli lindungi. Dalam pencegahan dan pengendalian dengan membentuk kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dengan penggunaan aplikasi peduli lindungi. Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi merupakan peraturan daerah kota yang berada di Kota Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pasal 5 Ayat 2 Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung dan Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyāsah terhadap Implementasi Pasal 5 Ayat 2 Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Lapangan (Field research) data yang di ambil langsung dari lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang Pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada Implementasi pasal 5 ayat 2 peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Penegakan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung tidak berjalan dengan baik terdapat pelonggaran penggunaan aplikasi peduli lindungi. Berdasarkan Tinjauan Fiqh Siyāsah Terhadap Implementasi Pasal 5 Ayat 2 Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Penegakan penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi di Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung sesuai dengan Fiqh Siyāsah Tanfiżiyah yang berkaitan dengan menjaga kemaslahatan bagi pihak mall dan masyarakat yang berada di fasilitas publik dalam mencegah terjadinya penularan corona virus disease 2019 tidak maksimal dalam pengetatan dan pengawasan sebagaimana terdapat pada unsur Maqāṣid Syariah yaitu menjaga jiwa (Hifdzun Nafs). Kata kunci: Aplikasi Peduli Lindungi, Fiqh Siyāsah, Pusat Perbelanjaan Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:54
Last Modified: 13 Sep 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item