PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Safitri, Hana (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning type think talk write terhadap hasil belajar IPS kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain Quasy Experimental Design. Penilaian hasil belajar berupa tes dan dokumentasi. Jenis tes yang digunakan berupa pilihan ganda dengan melakukan pretest diawal pembelajaran kemudian posttest diakhir pembelajaran. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata dari 34 siswa pada kelas eksperimen yaitu 76.17 dan pada kelas kontrol dari 32 siswa sebesar 66.57. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,010 atau t table = 1.998 < t hitung = 2.657. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari nilai t tabel baik pada taraf 5%..sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative learning type think talk write terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV MIN 2 Bandar Lampung Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:30
Last Modified: 16 Jan 2018 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item