IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPQ MIFTAHUL ‘ULUM DESA KRESNO WIDODO KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN

ELA, NURBAITI (2023) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPQ MIFTAHUL ‘ULUM DESA KRESNO WIDODO KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELA NURBAITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA, MENULIS, DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPQ MIFTAHUL ‘ULUM DESA KRESNO WIDODO KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN Oleh Ela Nurbaiti Implementasi merupakan penerapan atau pelaksanaan, implementasi bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu sistem. Metode Yanbu‟a merupakan sebuah metode tentang cara membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur‟an yang bisa digunakan oleh umat muslim dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an. Metode ini paling banyak digunakan di pondok pesantren, akan tetapi sekarang banyak Taman Pendidikan Al-Qur‟an, dan majlis ta‟lim yang menggunakan metode tersebut. Kemampuan membaca Al-Qur‟an merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam membaca dengan baik dan benar berdasarkan hukum tajwid dan makhorijul huruf. Untuk memahami maksud dan tujuan dalam Al-Qur‟an maka harus membacanya terlebih dahulu dengan bacaan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah hukumnya. Kemampuan menulis Al-Qur‟an merupakan suatu keterampilan menuliskan huruf-huruf hijaiyah dalam Al-Qur‟an yang sesuai dengan kaidah makhorijul hurufnya. Sedangkan kemampuan menulis Al-Qur‟an merupakan suatu keterampilan menuliskan huruf-huruf hijaiyah dalam Al-Qur‟an yang sesuai dengan kaidah makhorijul hurufnya. Implementasi Metode Yanbu'a merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di TPQ Miftahul 'Ulum dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam membaca, menulis, serta menghafal Al-Qur'an para santrinya. Dalam hal ini terdapat faktor yang mendukung berjalannya kegiatan pembelajaran tersebut, akan tetapi dalam pelaksanaannya juga masih terdapat beberapa faktor yang menghambat kegiatan tersebut. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian dengan tujuan mencari bukti dan melihat keserasian antara Metode Yanbu'a dan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur'an para santrinya serta mencari faktor pendukung dan penghambatnya. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan penelitian yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Yanbu'a merupakan salah satu metode dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an yang diterapkan di TPQ Miftahul 'Ulum Desa Kresno Widodo yang sudah berjalan dengan baik serta konsisten dalam meningkatkan kemampuan dalam membaca, menulis dan menghafal Al-Qur'an terhadap para santrinya. Bahkan ada beberapa santri yang sudah hafal Al-Qur‟an 15 Juz. Pelaksanaan nya yaitu santri dibimbing oleh guru sesuai dengan tingkatan kelasnya, sebab setiap kelas memiliki target pembelajaran yang berbeda serta materi yang berbeda juga. Kemampuan santri dalam membaca, menulis dan menghafal di rasa sudah cukup baik dan sesuai dengan hukum tajwidnya, oleh karena itu penerapan metode Yanbu'a dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur'an. Dalam pelaksanaannya, terdapat faktor pendukung dan penghambat yang sama-sama berasal dari santri itu sendiri dan dari luar santri seperti sarana dan prasarana dari TPQ tersebut. Kata Kunci: Metode Yanbu'a, Kemampuan Membaca, Menulis dan Menghafal, TPQ Miftahul „Ulum iv ABSTRACT Implementation is the application or implementation, implementation boils down to activities, actions, actions or the mechanism of a system. The Yanbu'a method is a method on how to read, write, and memorize the Al-Qur'an that can be used by Muslims in learning to read and write the Al-Qur'an. This method is most widely used in Islamic boarding schools, but now many Al-Qur'an Education Parks and majlis ta'lim use this method. The ability to read the Qur'an is an ability that a person has in reading properly and correctly based on the laws of tajwid and makhorijul letters. To understand the intent and purpose of the Qur'an, one must first read it with good and correct reading in accordance with the rules of law. The ability to write the Qur'an is a skill to write hijaiyah letters in the Qur'an in accordance with the makhorijul letter rules. While the ability to write the Qur'an is a skill to write hijaiyah letters in the Qur'an in accordance with the makhorijul letter rules. Implementation of the Yanbu'a Method is one of the activities implemented at TPQ Miftahul 'Ulum with the aim of increasing the ability to read, write, and memorize the Al-Qur'an for the students. In this case there are factors that support the running of these learning activities, but in practice there are also several factors that hinder these activities. Therefore, it is necessary to carry out research with the aim of finding evidence and seeing the harmony between the Yanbu'a Method and the students' ability to read, write, and memorize the Qur'an as well as find the supporting and inhibiting factors. In this thesis, a descriptive research approach is used with qualitative research methods. The data obtained using data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Then the data obtained is analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions from the data obtained. The results of this research show that the implementation of the Yanbu'a Method is one of the methods in learning to read and write the Al-Qur'an implemented at TPQ Miftahul 'Ulum, Kresno Widodo Village, which has been running well and consistently in improving the ability to read, write and memorize Al�Qur'an for its students. There are even some students who have memorized 15 Juz of the Al-Qur'an. The implementation is that students are guided by teachers according to their class level, because each class has different learning targets and different material too. It is felt that the students' abilities in reading, writing and memorizing are quite good and in accordance with the laws of recitation, therefore the application of the Yanbu'a method can improve the ability to read, write and memorize the Al-Qur'an. In its implementation, there are supporting and inhibiting factors that both come from the students themselves and from outside the students, such as the facilities and infrastructure of the TPQ. Keywords: Yanbu'a Method, Ability to Read, Write and Memorize, TPQ Miftahul „Ulum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:48
Last Modified: 13 Sep 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item