PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS ASSESMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 8 BANDAR LAMPUNG

Fitriani, Ema (2017) PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS ASSESMENT KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik yang diketahui melalui nilai psikomotor peserta didik disebabkan karena proses pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional yakni menggunakan pendekatan teacher center sehingga kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan keterampilan proses sains peserta didik dan kinerjanya sehingga peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry learning berbasis assesment kinerja peserta didik pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA N 8 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 8 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inquiry learning berbasis assesment kinerja dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model diskusi kelas dengan penilaian tes. Berdasarkan hasil analisis nilai ketercapaian untuk setiap indikator keterampilan proses sains yaitu : pada indikator observasi/ mengamati adalah 95,71%, indikator klasifikasi diperoleh 96,07%, indikator merencanakan percobaan diperoleh 78,57 %, indikator mengajukan pertanyaan diperoleh 85 %, indikator menafsirkan diperoleh 54,64 %, dan indikator komunikasi diperoleh 77,85 %. Uji Hipotesis yang dipakai pada penelitian ini adalah uji t independent. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk uji t independent diperoleh hasil sig (2-tailed) <0,05 yaitu 0,00 ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini berarti bahwa model inquiry learning berbasis assesment kinerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi sistem peredaran darah pada peserta didik kelas XI di SMA N 8 Bandar Lampung. Kata kunci : Model Inquiry Learning, Assesment Kinerja dan Keterampilan Proses Sains (KPS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ema fitriani
Date Deposited: 08 Mar 2017 04:29
Last Modified: 08 Mar 2017 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item