UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO DI TK WIYATA BHAKTI KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

IGA, REYNINTA SUHAILI (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO DI TK WIYATA BHAKTI KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas bagian penting yang harus di kembangkan dalam perkembangan anak usia dini, karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran berpikir tidak berkembang Karena untuk menciptakan sesuatu produk dan bakat kreativitas yang tinggi diperlukan berdasarkan yang cukup tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan lego di TK Wiyata Bhakti Hulu Sungkai Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas A dengan banyaknya perserta didik dengan jumlah 14 orang anak dan objek penelitian yang peneliti gunakan yaitu upaya guru dalam mengembangkan Kreativitas anak melalui permainan lego di TK Wiyata Bhakti. teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa keberhasilan guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik sudah baik dan juga sesuai dengan langkah-langkah bermain pembangunan yaitu Guru mempersiapkan media dan peraturan bermain, Guru mendemonstrasikan bagaimana cara membuat suatu konstruksi sederhana, Guru membagi alat dan bahan permainan, Guru memberikan setiap anak waktu yang cukup untuk berkreasi sesuai imajinasi dan kreativitasnya (60 menit), Guru mengajukan pertanyaan dan diskusi tentang pembangunan untuk memperkuat dan memperluas bahasa anak, Guru mendukung anak untuk mengingat kembali dan saling menceritakan pengalaman mainnyadan. Kata Kunci : Kreativitas, Permainan Lego iv ABSTRACT Creativity is an important part that must be developed in early childhood development, because creativity is very influential in the development of aspects of early childhood development, if children's creativity is not developed from an early age then their intelligence abilities and fluency in thinking will not develop because they need to create products and talents. High creativity is required on a fairly high basis. This research aims to find out how teachers make efforts to develop children's creativity through Lego games at the Wiyata Bhakti Hulu Sungkai Kindergarten, North Lampung. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The subjects in this study were class A teachers with a large number of students with a total of 14 children and the research object that researchers used was the teacher's efforts to develop children's creativity through lego games in Wiyata Bhakti Kindergarten. data collection techniques that researchers use in this study are observation techniques, interviews, and documentation. While the data analysis techniques used are data reduction, data display and data verification. Based on the results of the author's research, it can be concluded that the teacher's success in developing student creativity is good and also in accordance with the steps of playing development, namely the teacher prepares media and playing rules, the teacher demonstrates how to make a simple construction, the teacher distributes game tools and materials, the teacher giving each child enough time to be creative according to their imagination and creativity (60 minutes), the teacher asks questions and discussions about development to strengthen and broaden children's language, the teacher supports children to remember and tell each other their playing experiences. Keywords: Creativity, Lego Games

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:46
Last Modified: 13 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30199

Actions (login required)

View Item View Item