TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP WANPRESTASI DALAM JUAL BELI BAHAN DEKORASI RUMAH PLAFON PVC (Studi Kasus Surya Plafon PVC di Desa Adirejo, Pekalongan, Lampung Timur)

HUSSEIN, ABDULLAH (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP WANPRESTASI DALAM JUAL BELI BAHAN DEKORASI RUMAH PLAFON PVC (Studi Kasus Surya Plafon PVC di Desa Adirejo, Pekalongan, Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi husein.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

merupakan ikatan atau persetujuan. secara istilah akad adalah mekanisme tertentu yang dilaksanakan untuk sahnya sebuah perbuatan, ikatan tersebut bisa bersifat konkret maupun abstrak antara kedua belah pihak yang menjalin ikatan dan terdapat rukun serta syarat sah akad yang harus dipenuhi. Dalam pelaksanaan akad timbul hubungan antara kedua belah pihak, dengan cara pendekatan dan melakukan interaksi sampai mencapai ijab dan qabul, utang piutang merupakan akad(transaksi ekonomi) yang mengandung nilai ta’awun (tolong menolong). Dengan demikian utang piutang dapat dikatakan sebagai ibadah sosial yang dalam pandangan Islam juga mendapatkan porsi tersendiri, dalam rumusan masalah salam penelitian membahas apakah terdapat faktor yang mempengaruhi wanprestasi pada perjanjian akad jual beli pada toko Surya Plafon PVC ? dan bagaimana tinjauan dari segi hukum Islam tentang wanprestasi di toko Surya Plafon PVC?. Adapun Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui wanprestasi di toko surya plafon PVC, dan tinjauan menurut hukum Islam . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu metode penelitian yang dilakukan secara insentif dan mendetail. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer. Penggunaan data primer yang bercakupan secara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan data – data yang ada di lapangan dan didukung dengan jurnal serta buku – buku yang konkret. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam praktik jual beli dalam Surya plafon PVC terdapat Wanprestasi yang meliputi beberapa faktor internal dan eksternal, dalam sistem utang piutang toko surya menerapkan sistem toleransi, dan membangun kepercayaan terdapat orang terdekat. Banyaknya nota yang belum tertagih adalah masalah utama, jadi harus adanya pemberian jaminan terhadap utang Piutang ini agar dapat berkurangnya wanprestasi dengan cara jaminan barang ataupun sejenis atau dengan melakukan keterlibatan dengan pihak ketiga. iv Kata Kunci : Hukum Islam, Wanprestasi, Utang Piutang, Jual Beli Dalam Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:42
Last Modified: 13 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item View Item