PENERAPAN METODE MURI-Q DALAM HAFALAN AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN (RTQ) DARUL FATTAH PEKON BATU TEGI KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS

DIMAS, BAYU PRASTYO (2023) PENERAPAN METODE MURI-Q DALAM HAFALAN AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN (RTQ) DARUL FATTAH PEKON BATU TEGI KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIMAS BAYU PRASTYO .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENERAPAN METODE MURI-Q DALAM HAFALAN AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ QUR’AN (RTQ) DARUL FATTAH PEKON BATU TEGI KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS ABSTRAK Rumah Tahfidz Qur'an adalah lembaga yang memberikan wadah untuk mempelajari dan menghafal Al-Qur'an secara intensif. Namun, masih ada beberapa tantangan dalam proses penghafalan Al-Qur'an, seperti kesulitan dalam mengingat dan mempertahankan hafalan, kurangnya motivasi, serta kurangnya metode pembelajaran. Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Darul Fattah Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus merupakan lembaga non Formal yang berhasil menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan juga menarik bagi para santrinya untuk menghafal Al-Qur’an yaitu dengan metode Muri-Q (Murattal Irama-Qur’an). Metode Muri-Q (Murattal Irama Qur’an) merupakan tekhnik melantunkan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan makhraj serta kaidah hukum tajwid dengan irama atau nada murattal. Metode Muri-Q merupakan salah satu dari sekian banyak metode yang diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Muri-Q, Mengetahui faktor pendukung serta penghambat santri dalam kegiatan menghafal Al�Qur’an menggunakan metode Muri-Q serta bagaimana hasil penerapan metode Muri-Q dalam hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Darul Fattah Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan terkait data yang diperoleh dari lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengelola data dari sumber, kemudian disajikan dan menarik sebuah kesimpulan. Dalam kesimpulannya, penerapan metode Muri-Q dalam hafalan Al-Quran di Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Darul Fattah Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus dilakukan melalui 3 tahap yaitu: Persiapan sebelum pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam penerapannya terdapat hal yang mendukung dan menghambat yaitu: Pendidik, Santri, Psikologis, usia, serta sarana dan prasarana. Sedangkan yang menghambat: banyak yang tidak fokus, malas, bosan, banyak menghafal ayat pada waktu singkat, serta sukar mengahafal. Pada hasilnya metode Muri-Q dapat membantu para penghafal untuk mempelajari dan menghafal Al�Quran dengan lebih efektif dan efisien serta meningkatkan minat belajar para santri. Dengan mengemas irama untuk melantunkan ayat suci Al-Qur’an membuat orang yang membaca menjadi termotivasi untuk belajar dan yang mendengarkan menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan. Kata Kunci: Metode Muri-Q, Hafalan Al-Qur’an iii APPLICATION OF THE MURI-Q METHOD IN MEMORY OF THE QUR'AN AT THE DARUL FATTAH TAHFIDZ QUR'AN (RTQ) HOUSE OF PEKON BATU TEGI AIR NANINGAN SUB-DISTRICT TANGGAMUS REGENCY ABSTRACT In Indonesia, there are many institutions that facilitate the activities of memorizing the Qur'an, one of which is the Tahfidz Qur'an House. Rumah Tahfidz Qur'an is an institution that provides a place to study and memorize the Qur'an intensively. However, there are still some challenges in the process of memorizing the Al-Qur'an, such as difficulties in memorizing and maintaining memorization, lack of motivation, and lack of learning methods. At the Tahfidz Qur'an House (RTQ) Darul Fattah Pekon Batu Tegi, Air Naningan District, Tanggamus Regency is one of the non�formal institutions that has succeeded in implementing a fun and interesting learning method for its students to learn to memorize the Al-Qur'an, namely the method Muri-Q (Murattal Irama-Qur'an). Where is the Muri-Q method (Murattal Rhythm Qur'an) is to recite the recitation of the Qur'an in accordance with makhraj and the legal rules of tajwid by using murattal rhythms or tones. The Muri-Q method is one of the many methods that are expected to be able to overcome these problems. This study aims to determine the application of the Muri-Q method, to find out the supporting and inhibiting factors of students in memorizing the Qur'an using the Muri-Q method and how the results of the application of the Muri-Q method in memorizing the Qur'an at the Tahfidz Qur'an House an (RTQ) Darul Fattah Pekon Batu Tegi, Air Naningan District, Tanggamus Regency. To achieve the above objectives, a qualitative approach is used by describing related data obtained from the field. Data collection is done by observation, interviews, documentation, and tests. The data obtained is analyzed by managing data from sources, then presented and draws a conclusion. In conclusion, the application of the Muri-Q method in memorizing the Koran at the Darul Fattah Tahfidz Qur'an (RTQ) House, Pekon Batu Tegi, Air Naningan District, Tanggamus Regency, was carried out through 3 stages, namely: Preparation before learning, implementation, and evaluation. In its application there are things that support and hinder, namely: Educators, Santri, Psychological, age, and facilities and infrastructure. While the obstacles are: many are not focused, lazy, bored, memorize a lot of verses in a short time, and have difficulty memorizing. As a result, the Muri-Q method can help memorizers learn and memorize the Qur’an more effectively and efficiently and increase students' interest in learning. This method can also help the memorizer understand the meaning and messages contained in the holy verses of the Al-Qur’an. By packing the rhythm for reciting the holy verses of the Qur'an it makes people who read become motivated to learn and those who listen become more interested in listening. Keywords: Muri-Q Method, Memorization of the Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:19
Last Modified: 12 Sep 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item