STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI UKM-F RUMAH FILM KPI DALAM MEPRODUKSI FILM ISLAMI DI ERA PANDEMI

ARDHI, RAHMAN PRATAMA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI UKM-F RUMAH FILM KPI DALAM MEPRODUKSI FILM ISLAMI DI ERA PANDEMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK komunikasi interpersonal atau anatar pribadi di dalam UKM-F Rumah Film KPI merupakan komunikasi yang paling efektif untuk dilakukan pada kehidupan sosial. Komunikasi ini terjadi secara tatap muka ataupun melalui media. sehingga tanggapan dari komunikator dapat diketahui dengan segera dan mendalam.Namun demikian, norma-norma hubungan dikembangkan dan dipelihara hanya pada hubungan yang dekat dan akrab. Dalam Produksi Film Komunikasi dibutuhkan agar karya dapat sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga dari masing masing crew yang bertugas dapat menjalankan tanggung jawab dari apa yang ditugaskan pada saat produksi Film Islami. Komunikasi pribadi sangat penting bagi kehidupan anggota UKM-F ini. beberapa kegunaan yang digunakan oleh komunikasi antar pribadi dalam rangka menciptakan keharmonisan dan kebahagiaan anggota serta penambahan wawasan dari crew Rumah Film KPI ddunia produksi Film. Dalam hal ini di butuhkan pendekatan dan strategi komunikasi antar pribadi agar crew mempunyai rasa tanggung jawab serta wawasan yang luas didalam dunia Film, khususnya Film Islami. strategi komunikasi antar pribadi oragnisasi UKM-F Rumah Film KPI dalam memproduksi Film Islami di era pandemi ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan strategi komuniaksi antar pribadi apa yang digunakan dan menjadi lebih kreatif dalam menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain dan yang baru sehingga menjadi sebuah karya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori strategi komunikasi antar pribadi Miller And Stainberg. Dan didalamnya peniliti di UKM-F Rumah Film KPI UIN Raden Intan Lampung memiliki peran cukup penting dalam hal memproduksi film serta meningkatkan kreativitas Anggotanya dibidang Sinematografi dan Film. Metode penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian lapangan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling sumber data yang diperoleh yaitu dari sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer dihasilkan dari 4 orang crew dan badan pengurus harian UKM-F Rumah Film KPI. sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan dokumen lainnya. Metode iv pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Dalam prosesnya ada enam tahapan penting startegi yang di jalan kan yaitu, pendekatan kekeluargaan, strategi wortel terurai yaitu berupa apresiasi atau pujian terhadap crew dengan kegiatan menonton bareng apbila setelah melakukan kegiatan, strategi pedang menggantung berupa sanksi atau teguran terhadap anggota yang melanggar aturan, strategi katalisator juga diberikan apabila anggota melanggar akan di beri masukan nasihat. strategi kembar siam di praktekan dengan cara pertukaran informasi apabila ada salah satu anggota mendapatakan pengetahuan baru maka akan di sampaikan ke anggota lainnya khususnya di bidang perfilman. Kata Kunci: Strategi komunikasi, Komuinikasi antar pribadi, produksi Film Islami v ABSTRACT Interpersonal or interpersonal communication in UKM-F KPI Film House is the most effective communication to do in social life. This communication occurs face to face or through the media. so that the response from the communicator can be known immediately and deeply. However, the relationship of norms is developed and maintained only in close and intimate relationships. In film production, communication is needed so that works can be as desired. So that each crew on duty can carry out the responsibilities of what was assigned during the production of Islamic films. Personal communication is very important for the life of UKM-F members. some of the uses used by interpersonal communication in the context of creating harmony and happiness for members as well as adding insight from the KPI Film House crew in the world of film production. In this case, an interpersonal communication approach and strategy is needed so that the crew has a sense of responsibility and broad insight into the world of film, especially Islamic films. In this study, researchers used Miller and Stainberg's theory of interpersonal communication strategies. And in it researchers at UKM-F KPI Film House UIN Raden Intan Lampung have a quite important role in terms of producing films and increasing the creativity of its members in the field of Cinematography and Film. This research method is descriptive using a qualitative approach and a type of field research. The data collection technique used a purposive sampling technique. The data sources obtained were primary data sources and secondary data sources. The primary data sources were generated from 4 crew members and the daily committee of UKM-F KPI Film House. secondary data sources obtained from books, journals, and other documents. Methods of data collection in this study by interview, observation, and documentation. The results of this study indicate the interpersonal communication strategy of the UKM-F KPI Film House organization in producing Islamic films in this era aims to find out what interpersonal communication strategy approaches are used and to be more creative in creating something different from the others and new so that it becomes a masterpiece. In the process there are six vi important stages of the strategy that is carried out, namely, the family approach, the carrot strategy is unraveled, namely in the form of appreciation or praise for the crew by watching activities together, the hanging sword strategy in the form of sanctions or reprimands against members who break the rules, strategy catalysts are also given if members prohibit will be given input advice. Siamese twins strategy is practiced by exchanging information. If one member gets new knowledge, it will be conveyed to other members, especially in the field of film. Keywords: Communication strategy, interpersonal communication, Islamic film production

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:58
Last Modified: 12 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30183

Actions (login required)

View Item View Item