STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BANDAR LAMPUNG

Edi, Sulaiman (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah unggul merupakan madrasah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam output pendidikanya. madrasah unggul menuntut adanya tenaga profesional dan fasilitisas memadai untuk untuk menunjang proses pembelajaran sehingga akan mengarah pada peningkatan mutu madrasah. Melalui perencanaan strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah, diharapkan kualitas pencapaian output siswa lebih baik sehingga senantiasa mampu bersaing secara global dalam dunia pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi kepala madrasah dalam mewujudkam madrasah unggul di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan meneliti dilapangan. Penelitian menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden atau objek yang diteliti. Sedangkan data sekunder bersumber dari penelitian terdahulu berupa jurnal dan skripsi terkait madrasah unggul, semua data tersebut menjadi bahan-bahan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mewujudkam madrasah unggul di MAN 2 Bandar Lampung. Tekhnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala madrasah dalam mewujudkam madrasah unggul dilakukan melalui beberapa tahapan: 1). menciptakan komunikasi yang terbuka, dilakukan melalui komunikasi formal, informal, terarah, internal dan eksternal. 2). pengambilan keputusan bersama. Di lakukan dengan cara: a. melibatan stakeholder, b. melibatkan staf, c. melibatkan guru. 3). memperhatikan kebutuhan guru dilakukan melalui pengembangan kualitas guru. 4). memperhatikan kebutuhan siswa, dilakukan memalui tahapan pengembangan potensi siswa dibidang akademik dan non akademik. 5). keterpaduan sekolah dengan masyarakat. Madrasah bekerjasama dengan lembaga akademik dan non akademik Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Madrasah Unggul iv ABSTRACT excellent school are developed to achieve excellence in their educational output. Excellent school demand professional staff and adequate facilities to support the learning process to improving the quality of school. Through strategic planning carried out by the headmaster, it is expected the quality of student output achievement will be better so able to compete globall education. This study aims to describe the strategy of the headmaster in realizing excellent school at the Madrasah Aliyah Negri (MAN) 2 Bandar Lampung. In this study using descriptive qualitative research in the nature. Research uses data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Primary data obtained directly from respondents or objects studied. While secondary data comes from previous research in the form of journals and theses related to excellent school, all of these data become materials for describing the strategy of the headmaster in creating excellent school at MAN 2 Bandar Lampung. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and then conclusions are drawn. In this study testing the validity of the data using source triangulation. The results of the study show that the headmaster strategy in realizing excellent school is carried out through several stages. 1). Creating open communication, carried out through formal, informal, directed, internal and external communication. 2). Joint decision making. Done by, a). involving stakeholders, b). involving staff, c). involving teachers. 3). Paying attention to the needs of teachers is done through the development of teacher quality. 4). Paying attention to the needs of students in the academic and non-academic fields. 5). Integration of schools with the community. school cooperate with academic and non-academic institutions. Keywords: Strategy, Madrasah Principal, Superior Madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:45
Last Modified: 12 Sep 2023 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item