PERAN PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI PADA PONDOK PESANTREN NURUL MUHAJIRIN EL-DAULY DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA

VIA, ASTRINA (2023) PERAN PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI PADA PONDOK PESANTREN NURUL MUHAJIRIN EL-DAULY DI KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIA ASTRINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El Dauly merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pimpinan Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly dalam meningkatkan kualitas santri di Desa Kotanegara Kabupaten Lampung Utara?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kepemimpinan pembina pondok dalam peningkatan kualitas Santri di Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam analisis kualitatif, Miles dan Huberman mengatakan bahwa dalam analisis terdapat tiga alur kegiatan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.. Hasil penelitian terkait dengan Kepemimpinan Pembina Pondok Dalam Peningkatan Kualitas Santri Pada Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly adalah pola kepemimpinan pembina pondok dalam peningkatan kualitas Santri di Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly menggunakan pola kepemimpinan transformasional dan pembinaan menggunakan pola pendekatan yaitu titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran kepada santri. Kepemimpinan adalah suatu masalah yang sangat menentukan dalam suatu organisasi dimana seorang pimpinan harus mampu mengatur, mengurus, membimbing dan dapat mempengaruhi bawahannya untuk menjalankan suatu organisasi agar tercapai tujuan yang akan dicapai, sedangkan Pembinaan yang dilakukan di Pesantren Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly dalam menciptakan santri yang berkualitas dengan cara pembina harus memberikan contoh atau menjadi teladan baik terhadap anak didiknya. Sedangkan Model Pembinaan Daiyah pada Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly yang diterapkan yaitu adanya pelaksanaan program di pondok pesantren para santri dilatih untuk mengembang setiap kemampuan yang mereka miliki serta beberapa metode yang digunakan seperti metode ceramah, metode keteladanan, metode pembiasaan dan pemberian motivasi. Kata Kunci : Peran Pemimpin, Pesantren Pondok Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly iii ABSTRACT The Nurul Muhajirin El Dauly Islamic Boarding School is one of the Islamic boarding schools in the Regency. The problem formulation in this research is How is the role of the leadership of the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School in improving the quality of students in Kotanegara Village, North Lampung Regency? The purpose of this study was to determine the leadership pattern of the boarding school supervisor in improving the quality of the Santri at the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School. This research method uses a qualitative descriptive approach. The data collection used is Observation, Interview, and Documentation. In qualitative analysis, Miles and Huberman said that in the analysis there are three flow of activities, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of the research related to the leadership of the boarding school supervisor in improving the quality of students at the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School is the leadership pattern of the boarding school supervisor in improving the quality of the santri at the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School using a transformational leadership pattern and coaching using an approach pattern, namely the starting point or angle. view of the learning process to students. Leadership is a very decisive problem in an organization where a leader must be able to organize, manage, guide and be able to influence his subordinates to run an organization in order to achieve the goals to be achieved, while the guidance carried out at the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School in creating Qualified students by way of mentors must set an example or be a good role model for their students. While the Daiyah Guidance Model at the Nurul Muhajirin El-Dauly Islamic Boarding School that is applied is the implementation of the program at the Islamic boarding school where the students are trained to develop every ability they have and several methods are used such as the lecture method, the exemplary method, the habituation method and the provision of motivation. Keywords: The Role Of Leaders, Islamic Boarding School Nurul Muhajirin El-Dauly

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:56
Last Modified: 11 Sep 2023 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30154

Actions (login required)

View Item View Item