MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN

Tri, Rahayu (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan memiliki ciri kekhasannya seperti solat dhuha sebelum pembelajaran dimulai kecuali pada hari senin dan sabtu karena adaya upacara bendera dan senam bersama, melakukan solat dzuhur sebelum pulang dari sekolah, dan tidak hanya itu setiap hari jum’at mengadakan yasinan bagi siswi dan solat jum’at bagi siswa di masjid yang bersebelahan dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan yang berkaitan tentang: 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan dan 3) Evaluasi/penilaian Manajemen Pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala madrasah, tenaga pendidik, dan perserta didik di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung untuk melengkapi data�data. Dalam uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan dalam Perencanaan yang ada di MTs Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan menyiapkan prota, promes, RPP dan silabus namun dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran terkadang masih ada tenaga pendidik yang tidak membuatnya dan masih ada yang belum lengkap. Hal tersebut dikarenakan jarang dilakukan pemeriksaan dan juga kesibukan guru sehingga tidak terlengkapinya RPP dan tidak membuatnya. Serta pada perencanaan media pembelajaran tenaga pendidik terkadang belum menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, hanya menggunakan buku cetak saja atau LKS. Kemudian pada Pelaksanaan pembelajaran tenaga pendidik Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Sidowaluyo Lampung Selatan pada saat memulai pembelajaran melakukan pendahuluan terlebih dahulu yaitu seperti memberi salam, menyapa, mengabsen perserta didik, mengondisikan kelas, mengingatkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang akan dimulai. iii Dalam kegiatan inti tenaga pendidik menjelaskan tujuan materipelajaran, materi pembelajaran yang disampaikan deengan jelas, memiliki wawasan, keterampilan, inovasi, dan kreativitas yang luas harus di kuasi dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Setelah itu dalam kegiatan penutup tenaga pendidik memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang materi yang telah dipelajari dan kemudian memberikan kesimpulan serta memberikan pengayaan dan pendalaman materi yang telah dipelajari dengan memberikan tugas rumah dan tanya jawab dikelas dan mengakhiri pembelajaran dengan salam dan tak lupa membaca surat Al-Ashr. Dan terakhir Evaluasi/Penilaian hasil pembelajara, dalam penilaian hasil pembelajaran, setiap tenaga pendidik memberi nilai kepada perserta didik dengan cara memberikan tugas, tidak hanya itu saja tenaga pendidik juga menilai sikap, keterampilan dan keaktifan perserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Penilaian tersebut dilakukan untuk memenuhi sejauh mana penguasaan pengetahuan perserta didik sehingga tenaga pendidik dapat mengevaluasikan dan memantau kemajuan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi/ penilaian iv ABSTRACT Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung has itspeculiarities such as dhuha prayer before learning begins except on Monday and Saturday because of the flag ceremony and joint gymnastics, doing dhuhur prayer before returning home from school, and not only that every Friday holding yasinan for female students and Friday prayer for students in the mosque adjacent to the school. This study aims to describe the learning management in Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung which is related to: 1) Planning 2) Implementation and 3) Evaluation / assessment of Learning Management. The method in this study uses a descriptive qualitative approach. With data analysis techniques using data reduction, data presentation and conclusions. The informants in this study were obtained directly from the head of the madrasah, educators, and learners at Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung.Data collection techniques in this study used observation techniques, interviews as the main method, and documentation as supporting methods to complete the data.In uji validity data using triangulation techniques or methods. The results showed that Learning Management in Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung in Planning at MTs Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung prepared prota, promissory notes, lesson plans and syllabi but in making learning implementation plans sometimes there are still educators who do not make it and there are still incomplete. This is because there are rarely examinations and also the busyness of teachers so that RPP is not complete and does not make it. And in planning learning media, educators sometimes have not used teaching aids or learning media, only using printed books or LKS. Then in the implementation of learning Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Sidowaluyo South Lampung educators when starting learning do an introduction first, such as greeting, greeting, absent student participants, conditioning the class, reminding past learning with the learning that will begin. In the core activities, educators explain the purpose of the subject matter, the learning material delivered clearly, has broad insights, skills, innovation, and creativity must be quasi-and applied in learning activities. After that, in the closing activity, the educator provides feedback to students about the material that has v been learned and then provides conclusions and provides enrichment and deepening of the material that has been learned by giving homework and questions and answers in class and ending learning with greetings and not forgetting to read Surat Al-Ashr. And finally Evaluation / Assessment of learning outcomes, in assessing learning outcomes, each educator gives value to student participants by giving assignments, not only that educators also assess the attitudes, skills and activeness of student participants in carrying out learning.The assessment is carried out to meet the extent of mastery of knowledge of learners so that educators can evaluate and monitor progress in learning. Keywords: Planning, Implementation, Evaluation/ assessment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:40
Last Modified: 11 Sep 2023 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item