PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Barta, Putri Nadia (2023) PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK BARTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen konflik adalah proses penyelesaian atau penanganan konflik dengan pengelolaan untuk menciptakan suatu solusi menguntungkan dengan memanfaatkan konflik sebagai sumber inovasi dan perbaikan.Produktivitas kerja guru adalah hasil kerja secara keseluruhan mencakup kualitas dan kuantitas yang dicapai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya. Penanganan manajemen konflik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung masih kurang maksimal. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, yaitu pendapatnya terfokus pada memberikan penghargaan prestasi terhadap guru, evaluasi kerja, memotivasi guru, melaksanakan kegiatan bersama, dan melakukan musyawarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket (kuesioner) . Angket yang digunakan telah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, serta metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh guru di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Peneliti tidak mengambil sampel, dikarenakan jumlah unit popoulasi yang sedikit. Jadi, peneliti menggunakan unit analisis, yaitu seluruh unit yang ada dalam populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan pengolahan dan analisis data didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,666 yang menunjukkan hubungan yang cukup kuat antara variabel manajemen konflik dan produktivitas kerja guru serta berkorelasi positif. Pada taraf 5 persen diperoleh hasil 0,666 > 0,388 (r tabel), maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang cukup signifikan antara manajemen konflik dengan produktivitas kerja guru. Kemudian, kontribusi pengaruh variabel manajemen konflik terhadap variabel produktivitas kerja guru sebesar 38,8 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu, diperoleh hasil uji signifikansi variabel yang menunjukkan angka sebesar t = 3,791 dibandingkan dengan tabel nilai- nilai pada d.k (derajat kebebasan) n�2 = 26-2 = 24 nilai pada taraf 5% menunjukkan angka sebesar 2,06 yang berarti bahwa hasil hitung lebih besar dari angka tabel atau 3,791 > 2,06 (keputusan : Tolak H0). Artinya pada taraf 5% terdapat cukup bukti bahwa variabel manajemen konflik berpengaruh terhadap iii variabel produktivitas kerja guru, Sehingga hipotesis pada penelitian ini terbukti yaitu ada pengaruh manajemen konflik terhadap produktivitas kerja guru di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, semakin baik manajemen konflik maka produktivitas kerja guru akan semakin meningkat. Selain itu, penelitian selanjutnya diharap menggunakan variabel yang mempengaruhi produktivitas kerja guru dan metode analisis yang lebih baik. Kata kunci : Manajemen Konflik, Produktivitas Kerja Guru iv ABSTRACT Conflict Management is the process of resolving or handling conflicts with management to create a profitable solution by utilizing conflict as a source of innovation and improvement. Work productivity is the result of work as a whole including the quality and quantity achieved in carrying out tasks in accordance with their responsibilities. The handling of conflict management at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung is still not optimal. Therefore the researcher is interested in conducting this research with the aim of knowing the effect of conflict management on teacher work productivity at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, namely his opinion is focused on giving achievement awards to teachers, work evaluation, motivating teachers, carrying out joint activities, and conducting deliberations . This study uses quantitative methods with data collection techniques, namely using a questionnaire (questionnaire). The questionnaire used has been tested with validity and reliability tests, and the analytical method used is simple linear regression analysis. This study used a population of all teachers at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Researchers did not take samples, due to the small number of population units. So the researcher uses the unit of analysis, namely all units in the population. The results showed that based on data processing and analysis, a correlation coefficient of 0.666 was obtained which indicates a fairly strong relationship between conflict management variables and teacher work productivity and has a positive correlation. At the 5 percent level, the result is 0.666 > 0.388 (r table), so it can be concluded that there is a significant correlation between conflict management and teacher work productivity. Then, the contribution of the conflict management variable to the teacher's work productivity variable is 38.8 percent, while the rest is influenced by other variables. In addition, the results of the variable significance test were obtained which showed a number of t = 3.791 compared to the table of values at d.k (degrees of freedom) n-2 = 26-2 = 24 values at the 5% level showed a number of 2.06 which means that the calculated result is greater than the table number or 3.791 > 2.06 (decision: Reject H0). This means that at the 5% level there is sufficient evidence that the conflict management variable influences the teacher's work productivity variable. So the hypothesis in this study is proven, namely that there is an effect of conflict management on teacher work v productivity at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, the better the conflict management, the teacher's work productivity will be more increasing. In addition, future research is expected to use variables that affect teacher work productivity and better analytical methods. Keywords : Conflict Management, Teacher Work Productivity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:32
Last Modified: 11 Sep 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30151

Actions (login required)

View Item View Item