HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA PUTUS SEKOLAH

RAFLI, HOLIK (2023) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA PUTUS SEKOLAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Konsep Diri Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Kepercayaan Diri Remaja Putus Sekolah Oleh : Rafli Remaja adalah periode transisi antara masa anak-anak dan dewasa, terdapat berbagai macam perubahan yang signifikan baik secara biologis, intelektual, psikososial dan ekonomi dimana salah satu masalah yang sering dialami oleh remaja yang putus sekolah yaitu rendahnya kepercayaan diri yang disebabkan oleh rendahnya konsep diri dan kurangnya dukungan teman sebaya sehingga dibutuhkannya kemampuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam remaja yang putus sekolah. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis korelasi antara konsep diri dan duk ungan teman sebaya dengan kepercayaan diri remaja putus sekolah di Kampung X. Implikasi pada penelitian ini adalah bagaimana remaja putus sekolah meningkatkan kepercayaan dirinya. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data memanfaatkan tiga jenis skala psikologi yakni kepercayaan diri, konsep diri dan dukungan teman sebaya yang berbentuk kuesioner disebar langsung kepada remaja putus sekolah di Kampung X. Subjek pada penelitian yaitu 140 remaja putus sekolah di Kampung X. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Validitas pada penelitian ini memanfaatkan validitas isi dan reliabilitas memilih alpha cronbach. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi parsial dan simultan dengan software SPSS versi 20. Hasil dalam penelitian ini diperoleh nilai R=0,558 dengan nilai F=61,305 (sig<0,05) yang artinya terdapat korelasi positif signifikan dari konsep diri dan dukungan teman sebaya dengan kepercayaan diri juga memberikan pengaruh sebesar 55,8% terhadap kepercayaan diri remaja putus sekolah di Kampung X. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi = 6,893 dan sig < 0,05 dapat diketahui bahwa variabel konsep diri memiliki hubungan yang positif signifikan dengan kepercayaan diri dan mendapatkan sumbangan efektif sebesar 32,8%. Selain itu, perolehan nilai 3,353 dan sig < 0,05 menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya dengan kepercayaan diri juga memiliki hubungan positif signifikan dan mendapatkan sumbangan efektif sebesar 30,1%. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Konsep Diri, Dukungan Teman Sebaya, Remaja Putus Sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:36
Last Modified: 11 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30144

Actions (login required)

View Item View Item