HUBUNGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIK AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL ULUM KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Handayani, Hatami (2023) HUBUNGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIK AL-QUR’AN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL ULUM KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FUL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Inovasi pembelajaran yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pembaharuan yang berkaitan dengan bahan ajar, metode, startegi sistem dan penciptaan suatu materi yang langsung bisa di pelajari oleh peserta didik. Karena dengan adanya suatu inovasi pembelajaran hal ini dapat melatih keterampilan peserta didik agar dapat berkembang secara optimal. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa ketika mengikutidan mngerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran disekolah. hasil belajar mencakup tiga ranah yaitu : kognitif, afektif, dan psikomotor. Inovasi pendidikan saat ini menjadi topik yang tepat untuk dibicarakan karena berkaitan dengan upaya pemerintah dalam memperbaiki kurikulum pendidikan. Khususnya Pendidikan Dasar dan Menengah dengan memberlakukan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, termasuk di dalamnya Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah sebagai berikut :”Apakah ada hubungan yang signifikan anatara inovasi pembelajaran pendidik al-qur’an hadits terhadap hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadits peserta didik kelas VIII Mts Darul Ulum Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 ? “. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara inovasi pembelajaran pendidik al�qur’an hadits terhadap hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadits peserta didik kelas VIII MTS Darul Ulum Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian field research., dengan jumlah sampel 31 peserta didik kelas VIII Mts Darul Ulum dari jumlah populasi kelas VIII yaitu sebanyak 31 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk variabel X (Inovasi Pembelajaran Pendidik Al-Qur’an Hadits), sedangkan untuk variabel Y (Hasil Belajar Peserta Didik) menggunakan metode dokumentasi dari hasil belajar nilai akhir semester pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas VIII. Pada penelitian ini analisis data dilakukan oleh peneliti dengan iii menggunakan regresi linier sederhana , dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26 for windows. Dan dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara inovasi pembelajaran pendidik al�qur’an hadits terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran al-qur’an hadits di Mts Darul Ulum Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan nilai pengujian koefisien korelasi antara variabel X (inovasi pembelajaran) dengan Y (hasil belajar) sebesar 0,508, artinya terjadi hubungan yang masuk kategori sedang antara inovasi pembelajaran dengan hasil belajar. Serta besarnya pengaruh antara inovasi pembelajaran dengan hasil belajar sebesar 33,6 % besarnya pengaruh tersebut berdasarkan nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 0,336 atau 33,6 % maka dapat dikatakan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (inovasi pembelajaran) terhadap variabel dependen (hasil belajar) sebesar 33,6 % sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor lain. Kata Kunci : Inovasi Pembelajaran Pendidik, Hasil Belajar iv ABSTRACT The learning innovations intended in this study are reforms related to teaching materials, methods, system strategies and the creation of material that students can learn directly. Because with the existence of a learning innovation this can train students' skills so that they can develop optimally. Learning outcomes are the results achieved by students when participating in and doing assignments and learning activities at school. learning outcomes cover three domains, namely: cognitive, affective, and psychomotor. The cognitive domain is the realm that includes mental (brain) activity. In the cognitive domain, there are six levels of thinking processes, namely knowledge, understanding, application, analysis, synthesis, and evaluation. Educational innovation is currently the right topic to talk about because it is related to the government's efforts to improve the education curriculum. Particularly for Elementary and Secondary Education by enforcing the Standards of Curriculum Content at the Education Unit Level, including Islamic Religious Education. The formulation of the problem is as follows: "Is there a significant relationship between the learning innovations of Al�Qur'an Hadith educators and the learning outcomes of the Al�Qur'an Hadith subject for class VIII Mts Darul Ulum, Balik Bukit District, West Lampung Regency for the 2021/2022 Academic Year ? “. Thus what is meant by a hypothesis is a conclusion but this conclusion is still weak so it needs to be tested for truth through research. Based on the quotation above, the hypothesis in this study is "There is a Relationship between Learning Innovation of Al-Qur'an Hadith Educators and Learning Outcomes of Al-Qur'an Hadith Subject for Class VIII Students of MTS Darul Ulum, Balik Bukit District, West Lampung Regency, 2021/2022 Academic Year ”. The purpose of this study was to determine a significant relationship between innovations in teaching al-Qur'an hadith educators and learning outcomes in the Al-Qur'an hadith subject v for class VIII MTS Darul Ulum, Balik Bukit District, West Lampung Regency. This research uses a quantitative research method which is a field research research, with a total sample of 31 students of class VIII Mts Darul Ulum from the total population of class VIII, namely 31 students. Sampling using Saturated Sampling technique. Data collection used a questionnaire instrument for variable X (Innovation of Learning Al-Qur'an Hadith Educators), while for variable Y (Student Learning Outcomes) used the documentation method of learning results at the end of the semester in class VIII Al-Qur'an hadith subjects. In this study, data analysis was carried out by researchers using simple linear regression, with the help of the SPSS Version 26 application for windows. And from the results of this study concluded that there is a significant relationship between the learning innovations of Al�Qur'an Hadith educators and the learning outcomes of class VIII students in the Al-Qur'an Hadith subject at Mts Darul Ulum, Balik Bukit District, West Lampung Regency. This can be seen from the results of the correlation coefficient test scores between variables X (learning innovation) and Y (learning outcomes) of 0.508, meaning that there is a moderate relationship between learning innovation and learning outcomes. As well as the magnitude of the influence between learning innovation and learning outcomes of 33.6%, the magnitude of the influence is based on the value of the coefficient of determination (R^2) of 0.336 or 33.6%, so it can be said that the percentage of the influence of the independent variable (learning innovation) on the dependent variable (learning outcomes) is 33.6% while the remaining 66.4% is influenced or explained by other factors. Keywords: Educator Learning Innovation, Learning Outcome

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:37
Last Modified: 08 Sep 2023 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item View Item