MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA - TAHUN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA DI PAUD PELANGI GEDONG TATAAN

YULIANA, ULFA (2023) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA - TAHUN MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DENGAN METODE BERCERITA DI PAUD PELANGI GEDONG TATAAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of YULIANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berbicara adalah kemampuan seseorang dalam menyampaikan maksud dan ide gagasannya, kemampuan ini harus dikembangkan sejak dini, namun kenyataan di lapangan menemukan bahwa media dan fasilitas pembelajaran masih kurang serta ada beberapa anak yang kurang lancar dalam berbicara, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media boneka tangan dengan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia - tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, objek penelitian di PAUD Pelangi Gedung Tataan dengan subjek satu guru kelas dan delapan anak kelompok A ( - tahun). Data yang ada di kumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen analisis, kemudian data dianalisis secara interaktif (reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media boneka tangan telah dilaksanakan dengan baik oleh guru, ada lima langkah penerapannya, yaitu: ) Mempersiapkan alat dan media; ) Memberikan contoh penggunaan media; ) menceritakan cerita yang imajinatif; ) Memberikan kesempatan pada anak untuk bercerita kembali menggunakan media boneka tangan; dan ) guru mengevaluasi kegiatan dan kemampuan berbicara anak. Selain itu kemampuan berbicara anak berkembang dengan baik dan sesuai harapan melalui penerapan media boneka tangan. Kata Kunci: Bercerita; Boneka Tangan; Kemampuan Berbicara iv ABSTRACT Speaking ability is a person's ability to convey their intentions and ideas, this ability must be developed early, but the reality in the field found that the media and learning facilities are still lacking and there are some children who are not fluent in speaking, so this study aims to determine the use of hand puppet media with storytelling methods in developing the speaking ability of children aged - years. The research method used is descriptive qualitative, the object of research is PAUD Pelangi Gedung Tataan with one class teacher and eight children in group A ( - years) as the subject. Existing data were collected through interviews, observation and document analysis, then the data were analyzed interactively (reduction, data presentation and drawing conclusions). The results of the study showed that the application of hand puppet media had been carried out well by the teacher, there were five steps to its application, namely: ) Preparing tools and media; ) Provide examples of media use; ) telling imaginative stories; ) Provide opportunities for children to tell stories again using hand puppet media; and ) the teacher evaluates children's activities and speaking abilities. In addition, children's speaking skills develop well and as expected through the use of hand puppet media. Keywords: Storytelling; Hand puppet; Speaking ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:47
Last Modified: 08 Sep 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item