PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO KELAS IV SD/MI

Siti, Nurlatifah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SITI NURLATIFAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi masalah yaitu peserta didik mengalami kesulitan pada materi abstrak. Ketertarikan peserta didik pada media gambar, audio, grafik, dan video animasi. Peserta didik sangat antusias menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia. Minimnya ketersediaan software pembelajaran tematik kelas iv dalam bentuk multimedia interaktif. Perlu adanya media pembelajaran tematik terpadu berbasis autoplay media studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, respon, serta kelayakan media pembelajaran di SDN 1 Pinang Jaya dan MIMA 7 Labuhan Ratu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model penelitian Sugiyono yang telah mengalami pengembangan dari teori Borg and Gall. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan oleh Brog and Gall membutuhkan sepuluh langkah untuk menghasilkan produk akhir sedangkan peneliti menggunakan tujuh langkah penelitian yang sudah dikembangkan oleh Sugiono. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara, memberikan angket pada peserta didik, dokumentasi, dan tes soal (pretest dan posttest). Data yang dihasilkan oleh peneliti berupa data hasil pra penelitian, data hasil validasi ahli (2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 ahli bahasa), dan data respon peserta didik, serta data efek size dari efektifitas media pembelajaran Autoplay Media Studio 8. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran autoplay media studio memperoleh skor kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata 84 5 dengan kategori “Sangat Layak”, oleh ahli media rata�rata skor 83,71 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli bahasa dengan rata-rata skor 85 66 dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangan untuk peserta didik dilakukan tes uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Pada uji kemompok kecil kelas iv/a SDN 1 Pinang Jaya diperoleh skor 73 dengan kategori “Baik” dan kelas iv/a MIMA 7 Labuhan Ratu diperoleh skor 73 91 dengan kategori “Baik”. Pada uji kelompok besar yang dilakukan pada kelas iv/b SDN 1 Pinang Jaya diperoleh skor 81 16 dengan kategori “Sangat Baik” dan kelas iv/b MIMA 7 Labuhan Ratu diperoleh skor 77 72 dengan kategori “Baik”. Dengan demikian media pembelajaran tematik terpadu berbasis autoplay media studio mampu dan layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik terpadu kelas iv sd/mi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tematik Terpadu, autoplay media studio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:39
Last Modified: 08 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item