MUATAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 (TELAAH BUKU TEMATIK KELAS IV DAN VI) KARANGAN KEMENDIKBUD

RENI, SARTIKA (2023) MUATAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 (TELAAH BUKU TEMATIK KELAS IV DAN VI) KARANGAN KEMENDIKBUD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI SARTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Multikultural sebagai terminologi yang hadir dalam wacana mendunia saat ini. Dalam perkembangannya tidak lebih dari sebuah istilah yang menyempurnakan gagasan. Multikultural dalam perspektif bukan sesuatu yang mengherankan sudah terbiasa dengan keragaman yang luar biasa dari bumi nusantara. Keragaman inilah yang menjadi penyebap terjadinya pertikaian. Untuk itu penelitian bertujuan mendeskripsikan adanya kesadaran nilai-nilai multikultural yang harus ditanamakan agar menjadi bagian kesadaran dari berbagai aspek dengan perantara buku tematik terpadu kurikulum2013 karangan kemendikbud. Dalam pembuatan penelitian library research ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data literature dimana bahan�bahan pustaka yang berhubungan dengan objek pembahasan didapat dengan menggunakan 3 tahapan yaitu orientasi, eksporasi, dan terfokus. Sumber data yang didapat berasal dari data primer diproleh langsung dari buku-buku dan jurnal pendidikan multikultural. Data sekunder diperoleh dari buku tematik terpadu kurikulum 2013. Semua data diproleh untuk mendeskripsikan telaah nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku tematik kels IV dan VI terpadu kurikulum 2013 karangan kemendikbud. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam buku tematik terpadu kurikulum 2013 terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai, toleransi, persatuan, persaudaraan, dan keadilan termuat dalam sub-sub tema pembelajaran yang ada dalam teks bacaan agar peserta didik bisa mengambil makna atau kesimpulan juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Buku Tematik, Kemendikbud, Nilai Multikultural. iii ABSTRACT Multicultural as a terminology present in today's worldwide discourse. In its development is no more than a term which perfects the idea. Multicultural perspectives are surprisingly familiar with the extraordinary variety of the nusantara earth. This is variety that presents the source of contention. Research aims to describe a multicultural sense of values to be named as part of an awareness of various aspects by the ministry of the 2013 simultaneous book thematic by the ministry. In the construction of this research library research, researchers used the literature collection technique in which library materials associated with subject discussions were obtained using the 3 stages of orientation, export, and focused. The resulting data was generated from primary data directly from the books and journals of multicultural education. Secondary data obtained from curriculum 2013's integrated thematic book. All data are enabled to describe the study of the multicultural educational values of the book thematic of class IV and VI compmounted curriculum 2013 by the ministry. Research shows that the book thematic of the 2013 curriculum contains the multicultural value of values, tolerance, unity, brotherhood, and justice contained in the subsub of learning subjects in the reading text so that participants can take on meaning or conclusion Keywords: Thematic Book, Foreign Ministry , Multicultural Values.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:38
Last Modified: 08 Sep 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item